Minggu, 5 Mei 2024

Sekdaprov Jatim Raih ADLG Awards 2023

Diunggah pada : 27 Juli 2023 22:03:09 229
Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono meraih penghargaan sebagai Sekretaris Daerah Terbaik kategori Collaboration and Engagement dalam ADLG Awards 2023, di Jakarta, Kamis (27/7/2023). Foto: Diah/JNR

Jatim Newsroom - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Adhy Karyono, meraih penghargaan sebagai Sekretaris Daerah Terbaik kategori Collaboration and Engagement dalam Asosiasi Dinas Kominfo Provinsi Se-Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2023.

“Prestasi ini untuk Jawa Timur, bagaimana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik bisa semakin berdampak kepada pelayanan publik," ujar Sekda Adhy, di Jakarta usai menerima penghargaan, Kamis (27/7/2023). 

Sekda Adhy menuturkan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Jawa Timur semakin membaik dan berpotensi mengembangkan penerapan SPBE. 

"Kami melihat SDM di Jatim sudah mulai bagus dan kami bertumpu pada generasi muda yang sudah IT minded. Saya yakin Jatim punya potensi besar untuk bisa lebih baik lagi dalam penerapan SPBE ke depan," tegasnya. 

ADLG Awards merupakan penghargaan kepada para Sekda di seluruh Indonesia sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja kepemimpinan dalam kerangka digitalisasi pemerintahan melalui pelaksanaan regulasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Satu Data Indonesia, serta Smart Province dan Smart City.

Ada delapan kategori dalam ADLG Awards 2023 ini. Pertama, Vision yaitu berbagi visi tentang budaya digital dan transformasi digital. Kedua, Engagement, yaitu melibatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan visi digitalisasi. Ketiga, Governance yaitu membangun tata kelola digital yang kuat untuk mengarahkan transformasi digital. 

Keempat, Technology Leadership yaitu menggabungkan Teknologi Informasi (TI) dengan proses bisnis organisasi untuk layanan digital terpadu. Kelima, Building Talent yaitu membangun kompetensi SDM untuk mampu mendukung perubahan. Keenam, Leading Change & Influence yaitu mengarahkan perubahan dan pembentukan inovasi. Ketujuh, Collaboration yaitu membangun sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam pencapaian sasaran pembangunan. Kedelapan, The Best Digital Leadership Government yaitu tentang kepemimpinan berbasis digital. 

Adapun mekanisme penilaian dilakukan dengan berbasis aplikasi, mulai dari pendaftaran, pengukuran Indeks Digital Leadership dan Digital Capability Daerah. Kemudian dilanjutkan dengan paparan bagi kandidat yang lolos seleksi di depan Menteri Dalam Negeri RI, lalu validasi lapangan, penilaian akhir, dan pengumuman pemenang penghargaan. Tim penilai terdiri dari Pemerintah, Professional dan Pakar, serta Akademisi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin yang turut mendampingi menuturkan, ADLG Awards 2023 menyasar Sekda karena sesuai Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, sekretaris daerah adalah koordinator SPBE. 

"Sekretaris daerah memiliki kewenangan dan kemampuan untuk menggerakkan sinergi, koordinasi dan kolaborasi antar perangkat daerah sebagai kunci keberhasilan SPBE," terang Kadis Sherlita. 

Selain itu, lanjutnya, komitmen dan teladan dari pimpinan merupakan kunci utama dari awal keberhasilan transformasi digital di Jawa Timur. 

"Ini sebagai sebuah titik bagi Jatim harus lebih baik lagi sehingga jargon kami Jatim semakin Digital akan terwujud," tegas Sherlita. 

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus ASKOMPSI 2023-2025 yang diketuai Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Timur, Muhammad Faisal. Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Jatim terpilih sebagai Bendahara. 

“ASKOMPSI ini merupakan wadah silaturahmi dan koordinasi sesama Kadis Kominfo se-Indonesia. Tujuannya untuk menyinergikan program-program kerja, menyampaikan aspirasi daerah ke pemerintah pusat, serta bersama-sama melakukan percepatan transformasi digital dan keseimbangan pembangunan TIK di Indonesia," tutur Kadis Sherlita. (idc/s)

#kominfo #Sekdaprov Jatim #Adhy Karyono #dinas kominfo #ADLG Awards