Jumat, 3 Mei 2024

Sekdaprov Jatim : Masjid Raya Islamic Center Salurkan 157 Hewan Kurban

Diunggah pada : 29 Juni 2023 20:08:55 83
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, memebri sambutan usai melaksanakan sholat Idul Adha 1444 H di Masjid Raya Islamic Center Surabaya pada Kamis (29/6/2023). Foto: dok. Humas Jatim

Jatim Newsroom - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, melaksanakan sholat Idul Adha 1444 H di Masjid Raya Islamic Center Surabaya pada Kamis (29/6/2023). Pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini menjadi spesial, sebab ini pertama kalinya ibadah sholat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Raya Islamic Center Provinsi Jawa Timur.

"Ini adalah pertama kalinya Masjid Raya Islamic Center digunakan untuk sholat Idul Adha. Masjid ini sudah layak untuk kita gunakan beribadah, diawali dengan Sholat Idul Fitri beberapa bulan lalu. Mari kita gunakan masjid ini sebagai sarana ibadah yang mempersatukan kita di momen Idul Qurban ini," ungkapnya.

Sekdaprov Adhy menyebutkan bahwa telah terkumpul 50 ekor sapi dan 107 ekor kambing serta domba dari jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim, beserta Forkopimda Pemprov Jatim maupun Baznas.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, salah satu sapi rencananya akan disembelih atas nama almarhum para Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim terdahulu, yaitu Sapi  berjenis limousine dengan berat mencapai 900 kg.

"Bukan cuma dipakai untuk sholat Idul Adha saja, Masjid Raya ini juga menjadi tempat penyembelihan hewan kurban yang berasal dari masyarakat, salah satunya teman-teman OPD dan Forkopimda dari Pemprov Jatim," paparnya.

Pada malam sebelumnya, Sekdaprov Adhy mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau hewan kurban di Islamic Center. Keduanya memastikan bahwa hewan kurban yang akan disembelihkan telah membawa surat keterangan sehat dari tempat asalnya.

Bahkan kesehatan hewan kurban ini juga diperiksa lebih jauh oleh tim dari Dinas Peternakan begitu tiba di Jatm. Hal ini dilakukan guna memastikan hewan kurban yang disembelih aman dikonsumsi masyarakat.

"Kami atas nama pemerintah provinsi jatim akan selalu mengupayakan tercukupinya hewan kurban bagi masyarakat Jawa Timur. Besar harapan kami daging yang telah disembelih ini nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar," tegasnya.

Sekdaprov Adhy pun menyampaikan harapannya agar di momen lebaran Haji ini, masyarakat Jatim yang tengah berada di tanah suci untuk beribadah Haji dapat kembali lagi dengan sehat di Jatim, serta mabrur hajinya.

Di akhir, ia berpesan agar masyarakat Surabaya Raya dan Jawa Timur dapat senantiasa menjaga persatuan, sikap tenggang rasa, dan memakmurkan Masjid Raya Islamic Center.

"Dan di sini juga mari kita mendoakan kemabruran saudara kita yang tengah melaksanakana ibadah haji. Saya menyampaikan rasa syukur bahwa kita masih diberikan kesempatan untuk bersama-sama melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Raya Islamic Center pagi hari ini. Tolong bersama-sama kita bisa saling memakmurkan masjid kita ini," pungkasnya.(red)

#idul adha #Sekdaprov Jatim #Adhy Karyono