Jumat, 17 Mei 2024

Sekda Kota Probolinggo Buka Rakor Pengembangan Ekonomi Daerah

Diunggah pada : 9 November 2023 9:10:57 55
Sumber foto: Diskominfo Kota Probolinggo

Jatim Newsroom - Sekda Kota Probolinggo, drg Ninik Ira Wibawati, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Pengembangan Ekonomi Daerah Tahun 2023 di ruang Puri Manggala Bhakti, kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (8/11/2023).

Rapat yang diikuti oleh tim koordinasi dari perwakilan Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot itu membahas tentang berbagai macam informasi tentang upaya peningkatan ekonomi daerah.

Dalam arahannya, Sekda Ninik menyampaikan pertumbuhan ekonomi Kota Probolinggo rata-rata di atas 5,5 persen, kecuali pada tahun 2020 saat pandemi covid-19, Ketika itu, capaian pertumbuhan minus 3,64 dan memasuki masa pemulihan di tahun berikutnya. Sedangkan di tahun 2022 pertumbuhan ekonomi sebesar 6,12 yang artinya naik dari tahun 2021 yang sebesar 4,06.

“Kota Probolinggo berada di atas rata-rata Provinsi Jawa Timur dan menempati peringkat ke-8 di antara kabupaten/kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi,” katanya, melalui rilisnya, Kamis (29/11/2023).

Ia menambahkan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita Kota Probolinggo mulai dari tahun 2005 secara konsisten meningkat dan mengalami penurunan hanya 1 kali, yaitu pada tahun 2020 akibat pandemi covid-19.

Sesuai dengan visi, misi, lanjutnya, tema pembangunan dan arah kebijakan Kota Probolinggo tahun ini untuk prioritas Wali Kota, yang mendukung pengembangan ekonomi daerah. Di antaranya, BPJS untuk UMKM/ petani/ nelayan, Semipro, Hadipro, sarana prasana UMKM Alun-alun, Cokro Fair, gelar produk, Festival Jaman Biyen, pawai budaya kelurahan hingga refleksi kepemimpinan wali kota.

“Potensi peningkatan ekonomi dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut, terbukti menjadi support PED Kota Probolinggo,” ujarnya.

Di hadapan peserta rapat, Kepala Bappeda Litbang, Diah Sajekti Widowati Sigit memaparkan, Pemerintah Kota Probolinggo, telah melakukan pengembangan ekonomi daerah melalui pengembangan produk unggulan daerah, pengembangan sumber daya alam dan pengembangan ekonomi kreatif.

“Perlu adanya komitmen bersama antar PD dan stakeholder untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah. PD terkait bisa melakukan program atau kegiatan yang mendukung pengembangan ekonomi daerah dimaksud,” tegasnya.

Menggandeng narasumber akademisi, Tenaga Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian dan Investasi, Hermanto, rakor ini berjalan dengan khidmat sampai tengah hari tadi.

“Kami bertugas memberikan materi terkait tema strategi pengembangan ekonomi. Yang mana nanti di forum ini kami menghimpun masukan-masukan dari PD untuk nanti bisa dibuat sinkronisasi,” ucap Hermanto. (ghf/s)

#kota Probolinggo