Minggu, 19 Mei 2024

Sejumlah Produk Unggulan Jatim Dipamerkan di Dekranas Expo Medan

Diunggah pada : 16 Mei 2023 19:52:07 107
Sejumlah Produk Unggulan Jatim Dipamerkan di Dekranas Expo Medan, Selasa (16/5/2023). Foto: Istiq/JNR

Jatim Newsroom - Sejumlah produk dari beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur tampil di Dekranas Expo yang digelar di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bertajuk "Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya"

Ketua Dekranas Daerah Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, mengatakan, Jawa Timur memiliki dasar budaya yang mampu menjadi inspirasi dari terbentuknya kriya-kriya.

"Saya melihat posisi Jawa Timur strategis. Nilai budayanya tinggi, pekerja keras orangnya, sehingga harapannya dengan banyak support mulai tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga desa untuk UMKM sendiri bisa menjadi salah satu sektor yang paling maju untuk Indonesia," harap Arumi.

Adapun produk kabupaten/kota di Jatim dalam Dekranas Expo kali ini berasal dari Pamekasan, Trenggalek, Pacitan, Blitar, Surabaya, Probolinggo, Malang, Tuban, Sumenep, Jombang, Sidoarjo, dan Bangkalan.

Produk yang dipamerkan berupa kain batik, kain ecoprint, tas kain goni, tas lukis sulam, bros, dompet, sarung bantal, topi, sepatu, sabuk, gelang, kalung, dan lain-lain.

Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo, hadir membuka Syukuran HUT ke-43 Dekranas ini. Ia pun bersama Ibu Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Dekranas, Wury Ma'ruf Amin, mengunjungi berbagai booth dalam Dekranas Expo ini, termasuk milik Dekranasda Jawa Timur.

Adapun Ibu Menteri Perhubungan RI yang sekaligus Ketua Panitia HUT ke-43 Dekranas, Endang Budi Karya, menjelaskan Dekranas Expo di Lapangan Benteng Kota Medan dilaksanakan selama enam hari tanggal 16 sampai dengan 21 Mei 2023.

"Pameran ini nenampilkan produk-produk kerajinan keunggulan berbagai binaan Dekranasda dari seluruh Indonesia. Ada layanan konsultasi dan berbagai informasi pembinaan bagi para perajin seperti layanan konsultasi terkait kekayaan intelektual, desain dan kemasan serta tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri industri kecil. Juga ada beragam acara hiburan seperti talkshow, fashion show," jelasnya. (idc/s)

#Dekranasda Jatim #HUT 43 Dekranas #Medan