Selasa, 21 Mei 2024

Dekranasda dan Lima Daerah di Jatim Ramaikan Parade Mobil Hias HUT Dekranas ke-44 Solo

Diunggah pada : 15 Mei 2024 18:12:21 178
Pj. Ketua Dekranasda Jawa Timur, Nya. Isye Adhy Karyono turut dalam rombongan mobil hias. Foto: Aldick JNR

Jatim Newsroom - Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur (Dekranasda Jatim) dan lima kabupaten dan kota, yakni Kota Batu, Kota Kediri, Kota Surabaya, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Nganjuk memeriahkan parade mobil hias Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang ke-44, Kota Solo Rabu (15/5/2024).

Parade yang berlangsung di jalan utama Kota Solo ini memukau ribuan pengunjung dengan kreativitas dan keindahan mobil hias yang dipamerkan. Setiap daerah berusaha menampilkan keunikan dan kekayaan budaya serta kerajinan tangan khas daerah masing-masing.

Dekranasda Jatim dan Lima kabupaten dan kota menampilkan ragam kearifan lokal. Mobil mereka dihiasi dengan berbagai ornamen dan kerajinan yang merepresentasikan kekayaan budaya dari setiap kabupaten/kota yang berpartisipasi, mulai dari batik tulis dari Kota Kediri, keramik dari Kota Batu, hingga beragam desain fashion dari Kabupaten Jember. Semua elemen ini dirangkai dalam sebuah desain yang megah dan penuh warna.

Pj. Ketua Dekranasda Jawa Timur, Isye Adhy Karyono menyatakan kebanggaannya atas partisipasi Jawa Timur dalam acara ini. "Kami ingin menunjukkan kepada Indonesia bahwa Jawa Timur memiliki kekayaan budaya dan kerajinan tangan yang sangat beragam dan indah. Partisipasi kami dalam parade ini adalah bentuk dukungan kami terhadap pelestarian dan promosi kerajinan lokal," ujarnya.

Kota Surabaya

Mobil hias dari Kota Surabaya menarik perhatian banyak orang dengan perpaduan antara tradisi dan inovasi modern. Kota Surabaya sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, menampilkan mobil hias berupa ayam jago yang didalamnya juga menampilkan beragam produk hasil kreasi mulai dari kerajinan tangan hingga busana.

Partisipasi Kota Surabaya dalam parade ini adalah bentuk komitmen kota tersebut dalam mendukung industri kreatif dan kerajinan lokal. 

Kabupaten Jember: Keindahan Jember Fashion Carnaval 

Kabupaten Jember memamerkan mobil hias yang mengangkat tema "Jember Fashion Carnaval". Dengan dekorasi yang menonjolkan motif fashion khas Jember yang dikenal dengan inovasinya berupa Jember Fashion Carnaval. Dekorasi ini menggambarkan kekayaan alam dan budaya Jember yang terkenal berkualitas dan kini mendunia.

Kabupaten Nganjuk: Menonjolkan Potensi Seni dan Budaya

Kabupaten Nganjuk menampilkan mobil hias dengan tema "Seni dan Budaya Nganjuk". Dengan dekorasi yang menampilkan berbagai seni tradisional dan berbagai hasil kerajinan tangan khas Nganjuk, mobil hias ini sukses mencuri perhatian penonton. Ornamen-ornamen yang terbuat dari anyaman bambu dan tenun ikat Nganjuk menghiasi mobil tersebut, menambah kesan etnik dan keindahan yang khas.

Kota Batu dan Kota Kediri: Menampilkan Keunikan dan Kreativitas Lokal

Kota Batu dan Kota Kediri juga tidak ketinggalan dalam menampilkan kreativitas mereka. Kota Batu, yang dikenal sebagai kota wisata, menampilkan mobil hias dengan tema "Pesona Wisata Batu". Dengan hiasan buah-buahan dan bunga-bunga yang menjadi ciri khas Kota Batu, mobil hias ini mencerminkan keindahan alam dan pariwisata kota tersebut. 

Pj. Ketua Dekranasda Kota Batu, Dwi Mardiana Susilawati Aries Agung Paewai dalam kesempatan itu ikut tampil dalam mobil pawai mobil hias yang didalamnya penuhi dengan ornamen bunga dan buah. Serta beragam kerajinan keramik dan batu.

Dwi Mardiana Susilawati Aries Agung Paewai mengungkapkan kebanggaan mereka dalam mempromosikan kotanya melalui parade ini. Mereka berharap melalui acara ini, Kota Batu semakin dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan.

Sementara itu, Kota Kediri membawa tema sejarah dan budaya. Mobil hias yang ditampilkan yakni berupa kereta kencana yang didalamnya terdapat seorang ratu dengan mengenakan baju khas kebesarannya.

Parade mobil hias HUT Dekranas ke-44 ini tidak hanya menjadi ajang pamer kreativitas, tetapi juga sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya dan kerajinan tangan. Partisipasi Jawa Timur dalam acara ini menjadi bukti nyata komitmen daerah tersebut dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya dan kerajinan lokal kepada dunia. 

Sebagai informasi, rangkaian HUT ke-44 Dekranas dihelat di Solo mulai Rabu (15/5) hingga Sabtu (18/5/2024). Acara ini itu menyajikan berbagai kegiatan menarik, mulai dari tasyakuran HUT, expo UMKM, kirab atau parade, hingga konser berbagai artis ternama.

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa. Tema ini melambangkan semangat Dekranas yang lahir sejak 3 Maret 1980, diharapkan bisa lebih mendongkrak kerajinan dan budaya yang ada di Indonesia. 

"Maksud dan tujuan acara ini adalah untuk meringati hari kelahiran Dekranas, sekaligus untuk promosi produk kerajinan nasional berbasis budaya Indonesia," terang Ketua Pelaksana Dekranas 2024 Lumongga Agus Gumilang. (jal/hjr)

 

 

 

 

 

 

#Dekranasda Jatim