Sabtu, 3 Desember 2022

Sebanyak 80% Wanita Lahirkan Bayi dengan Berat Badan 2,5 kg atau Lebih di Jatim tahun 2019-2021

Diunggah pada : 30 Agustus 2022 17:18:56 189
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Secara umum wanita yang melahirkan di Jawa Timur melahirkan bayi dengan berat badan normal. Hal tersebut terlihat dari persentase wanita yang melahirkan bayi dengan berat badan 2,5 kg atau lebih mencapai angka 80 persen lebih pada tahun 2019 hingga 2021.

“Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020 angka ini mengalami penurunan untuk wilayah perkotaan dan peningkatan untuk wilayah perdesaan,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Dadang Hardiwan sebagaimana dilansir dalam laman resmi BPS Jatim pada tanggal 30 Agustus 2022.

Sebagai informasi, berat badan lahir merupakan indikator penting kesehatan bayi, faktor determinan kelangsungan hidup dan faktor untuk pertumbuhan fisik dan mental bayi di masa yang akan datang.

Berat badan bayi dikatakan normal jika berada di kisaran 2.500 gram (gr) atau 2,5 kilogram (kg) hingga 3.500 gr atau 3,5 kg. Akan tetapi tidak semua bayi dilahirkan dengan berat badan normal, berat badan bayi saat lahir juga dipengaruhi banyak faktor.

“Faktor tersebut antara lain nutrisi ibu saat kehamilan, penyakit yang menyertai saat kehamilan seperti keracunan kehamilan (preeklampsia atau darah tinggi karena kehamilan), penyakit jantung, dan infeksi. Penyakit yang menyertai kehamilan dan infeksi bisa menurunkan nutrisi bayi saat dalam rahim sehingga berat lahir bayi lebih rendah dari angka normal,” terang Kepala BPS Jatim.

Ia pun menerangkan dalam laporan ini, penyebab dan dampak Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) sangat kompleks. Asupan gizi dan kondisi kesehatan ibu selama kehamilan, turut berpengaruh pada kondisi bayi ketika dilahirkan. Kekurangan nutrisi pada ibu hamil dapat menyebabkan kurangnya berat bayi lahir.

“Sementara asupan makanan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kelainan pada kesehatan ibu yang mempengaruhi kesehatan janin. Ibu hamil dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan berat badan bayi menjadi besar,” pungkas Dadang.. (idc/n)

#BPS Jatim #kelahiran