Senin, 6 Mei 2024

Sebanyak 17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Akan Terima Anggakara Birawa

Diunggah pada : 16 Juni 2022 10:21:36 80

Jatim Newsroom- Sebanyak 17 pemenang dari 51 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 akan menerima Piala Anggakara Birawa. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dijadwalkan memberikan penghargaan tersebut di Jakarta, pada Kamis (16/6/2022).

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan, 17 pemenang ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual zoom meeting yang telah dilaksanakan pada tanggal 23-30 Mei 2022 oleh Tim Evaluasi secara independen. “17 Pengelola Pengaduan Terbaik tersebut terdiri dari 2 Instansi Pemerintah (IP) Kategori Outstanding Achievement, 10 Instansi Pemerintah dengan kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta 5 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) terbaik,” ujar Diah.

Selain itu, penyerahan penghargaan juga akan diberikan kepada 51 Peserta Terbaik. Pemberian penghargaan direncanakan juga akan diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Dalam Negeri, Ketua Ombudsman RI, dan Kepala Staf Kepresidenan. Seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini didukung pula oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Salah satu tujuan diselenggarakannya penganugerahan ini yakni sebagai strategi untuk memberikan contoh praktik baik kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Sejak dimulai pada awal tahun, kompetisi ini berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah sebanyak itu kemudian disaring kembali menjadi 434 pengelola, dan terakhir disaring kembali menjadi 51 peserta, kemudian dikerucutkan menjadi 17 peserta.

Pelaksanaan penganugerahan ini akan dilaksanakan secara offline atau tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Penyampaian penghargaan ini akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kementerian PANRB melalui tautan https://youtu.be/V3NoNHfDvWQ pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. (jal/hjr)

#BUMN