Senin, 6 Mei 2024

Sarapan Bareng Siswa SD, Bupati Banyuwangi Kampanye Hidup Sehat Lewat Konsumsi Makanan

Diunggah pada : 2 Februari 2024 13:15:44 29
Bupati Ipuk sarapan bareng siswa-siswa SD sebagai kampanye hidup sehat lewat konsumsi makanan. Sumber dok : Pemkab Banyuwangi

Jatim Newsroom -  Beragam agenda dilakoni Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat kegiatan Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa). Saat Bunga desa di Desa Telemung, Bupati Ipuk sarapan bareng siswa-siswa SD sebagai kampanye hidup sehat lewat konsumsi makanan.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Banyuwangi, Jumat (02/02/2024), Desa Telemung yang berada di kaki Gunung Ijen adalah desa yang dikenal memiliki hawa yang sejuk. Tiba di desa, Bupati Ipuk menyempatkan diri meninjau pelaksanaan posyandu lansia yang ada di desa tersebut. Selanjutnya, Ipuk menuju SDN 3 Telemung dengan menempuh jarak sekitar 3 Km melewati kawasan perhutanan.       

Di sana, Ipuk lalu mengajak siswa-siswa untuk sarapan bersama dengan menu sayur sop dengan lauk ikan laut, telur rebus dan tahu tempe. “Biasakan sarapan dulu sebelum sekolah. Tidak harus dengan nasi dan lauk lengkap, kalau orang tuanya tidak sempat masak, makan pisang juga bisa, atau jagung rebus. Itu juga sarapan bergizi,” kata Ipuk.

Dalam kesempatan itu, juga digeber program ISI PIRINGKU. Para pelajar diberikan pemahaman cara pemenuhan gizi dengan memperhatikan pedoman Isi Piringku, yakni berapa porsi dan komposisi gizi yang dikonsumsi dalam satu piring.

Ipuk menambahkan dengan sarapan sehat memberikan energi untuk melakukan aktivitas di sekolah. Makan makanan yang sehat bergizi harus dipenuhi agar terhindar dari dampak buruk saat usia dewasa. Misalnya, anemia pada anak dan remaja yang berdampak pada penurunan prestasi belajar. Bahkan anemia bisa menyebabkan masalah kesuburan hingga stunting (gagal tumbuh).

“Maka kita terus mengedukasi agar saparan bergizi bisa menjadi budaya masyarakat, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Kita ingin remaja Banyuwangi semuanya sehat agar bisa melahirkan generasi yang sehat kelak,” kata Ipuk.  (ryn/s)

#Banyuwangi #Ipuk Fiestiandani