Minggu, 28 April 2024

Gubernur Khofifah Resmikan Asrama SMA Taruna Bhayangkara

Diunggah pada : 12 Februari 2024 12:56:22 54
Gubernur Khofifah juga meresmikan Asrama Wisma Artyasatya SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara di Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Sumber dok : Pemkab Banyuwangi

Jatim Newsroom - Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi. Selain melakukan groundbreaking pembangunan hunian relokasi warga terdampak banjir, Gubernur Khofifah juga meresmikan Asrama Wisma Artyasatya SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara di Kecamatan Genteng, Banyuwangi. 

Dikutip dari laman resmi Pemkab Banyuwangi,Senin (12/02/2024). Peresmian tersebut diikuti Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani serta Kepala Dinas Pemprov Jawa Timur Aries Agung Paewai dan segenap jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Jatim. Tidak ketinggalan juga hadir para pelajar SMAN 2 Taruna Bhayangkara

SMAN 2 Taruna Bhayangkara Jawa Timur yang berlokasi di Kecamatan Genteng Banyuwangi merupakan sekolah dengan sistem boarding school yang diasuh langsung oleh tenaga pendidik dari guru dan POLRI. Awalnya sekolah ini adalah SMAN 2 Genteng, dan sejak 2019 menjadi SMAN 2 Taruna Bhayangkara. 

Menggunakan Kurikulum khusus selain Kurikulum Nasional 2013 yang diampu langsung oleh pengasuh dari POLRI meliputi Pendidikan Bela Negara dan Kebhayangkaraan; Pendidikan Mental Kepribadian; dan Pendidikan Kesamaptaan Jasmani. "Semoga asrama ini melengkapi dan meningkatkan kegiatan pendidikan di sekolah ini," kata Khofifah. 

Pada kesempatan itu ia meminta para guru dan semua pihak untuk menjaga intelektualitas hingga integritas para pelajar, karena merekalah generasi VVIP yang akan menjadi generasi emas 2045.

“Para siswa ini yang akan mengambil alih berbagai posisi di masa depan. Termasuk menjadi pemimpin-pemimpin negara. Karna itu saya minta agar kita semua membangun karakter mereka, membangun intelektualitasnya, kapasitas sosial serta  integritasnya,” ujar Gubernur Khofifah.

Bupati Ipuk juga menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur dan Pemprov Jatim yang telah memberikan perhatian kepada dunia pendidikan di Banyuwangi.

“Terima kasih Ibu Gubernur atas dukungan Pemprov kepada Banyuwangi dalam berbagai sektor. Semoga sinergitas yang baik antara pemkab dan pemrov akan menghantarkan anak-anak menjadi generasi emas yang kita semua harapkan,” kata Bupati Ipuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jatim Aries Agung Paewai mengatakan Asrama Wisma Artyasatya SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara dibangun Pemprov Jatim 2023 dengan kapasitas untuk 238 siswa. Saat ini telah dimanfaatkan oleh angkatan Tama Bhayangkara (TB) tahun ke lima tahun 2023/2024.

“Pembangunan asrama ini melengkapi sarana dan prasarana di sekolah dengan sistem boarding school ini. Sekolah ketarunaan di Jatim trennya positif, sehingga kami semua berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan sarpras-nya," kata Aries. 

Saat ini di Jawa Timur terdapat 5 SMA berbasis ketarunaan di Jatim yakni SMA Negeri 1 Taruna Madani di Pasuruan dan SMA Taruna Nala di Malang yang bekerja sama dengan TNI AL, SMA Taruna Brawijaya yang bekerja sama dengan TNI AD di Kediri, SMA Taruna Angkasa yang bekerja sama dengan TNI AU di Madiun serta SMA Taruna Bhayangkara yang bekerja sama dengan Polri berlokasi di Banyuwangi.  (ryn/hjr)

#Banyuwangi #Ipuk Fiestiandani