Senin, 20 Mei 2024

Sambut Nataru, 49 Kapal Feri Dioperasikan di Pelabuhan Ketapang Gilimanuk

Diunggah pada : 27 November 2023 13:37:34 242
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Foto: Istimewa

Jatim Newsroom - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengoperasikan 49 unit kapal feri untuk mengantisipasi kepadatan penumpang selama layanan angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di lintas Ketapang-Gilimanuk yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali.

Melansir kantor berita Antara, Senin (27/11/2023), Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengatakan, prediksi kenaikan jumlah penumpang Natal dan tahun baru sebesar 5 persen dari realisasi Angkutan Lebaran 2023 lalu, penumpang diperkirakan mencapai 904.496 orang.

Selain ada 49 unit kapal siap operasi, perusahaan juga menyiapkan tujuh pasang dermaga yang meliputi Pelabuhan Ketapang dengan 3 dermaga movable bridge (MB), satu dermaga ponton, dan tiga dermaga  plengsengan, kemudian Pelabuhan Gilimanuk dengan 3 MB, satu ponton dan tiga plengsengan.

Arus berangkat Natal diperkirakan akan terjadi pada Jumat, 22 Desember hingga Sabtu, 23 Desember dan arus balik pada Selasa, 26 Desember hingga Rabu, 27 Desember 2023.

Sementara itu, diproyeksikan puncak arus berangkat kedua akan terjadi pada Jumat, 29 Desember dan Sabtu, 30 Desember 2023. Sedangkan arus balik pada Senin, 1 Januari hingga Selasa, 2 Januari 2024.

Untuk memecah distribusi kendaraan, ASDP akan mempersiapkan Pelabuhan Jangkar di Situbondo, Jawa Timur sebagai pelabuhan perbantuan saat periode puncak kepadatan penumpang.

Pelabuhan Jangkar berjarak 65 kilometer dari Pelabuhan Ketapang dengan waktu tempuh 1 jam 32 menit. Pelabuhan tersebut melayani lintasan Jangkar-Lembar, Nusa Tenggara Barat dengan waktu tempuh kurang lebih 15 jam.

Persiapan lain yang juga telah direncanakan adalah pengoperasian Dermaga Bulusan yang berada di selatan Pelabuhan Ketapang.

“Pengoperasian dermaga ini juga akan dilakukan sebagai alternatif kendaraan truk yang akan menyeberang ke Gilimanuk yang rencananya khusus untuk Long Distance Ferry (LDF),” ujar Shelvy.

Shelvy menuturkan, saat ini ASDP sedang dalam proses kerja sama dengan salah satu platform untuk pembelian tiket secara daring. ASDP juga akan menyiapkan kantong parkir serta buffer zone untuk kendaraan penumpang dan truk.(red)

#Nataru