Selasa, 30 April 2024

Hadiri Rapat Koordinasi Nataru 2024, Sekdaprov Adhy Tekankan Pentingnya Sinergitas dan Kolaborasi

Diunggah pada : 16 Desember 2023 8:53:33 66
Forkopimda Jatim menggelar rapat koordinasi lintas sektoral operasi Lilin semeru 2023 di Gedung Mahameru Polda Jatim, Jumat (15/12/2023). Foto: dok.humasjatim

Jatim Newsroom - Jelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, jajaran Forkopimda Jatim menggelar rapat koordinasi lintas sektoral operasi Lilin semeru 2023 di Gedung Mahameru Polda Jatim, Jumat (15/12/2023).

Dalam rapat, Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan, pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024 kali ini wajib memperhatikan sinergitas dan kolaborasi antar seluruh stakeholder terkait sehingga pengontrolan pengamanan mudah dilakukan.

Pemprov Jatim, kata Sekda Adhy, telah berkoordinasi dengan beberapa instansi dalam membantu pengamanan nataru kali ini. Beberapa instansi yang akan diikutsertakan diantaranya adalah Bakesbangpol, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta Dinas Sosial.

"Ibu gubernur berpesan agar seluruh proses operasi lilin semeru tahun ini, dapat terkontrol dengan baik. Para bupati dan walikota juga harus melakukan monitoring di lapangan. Jadi mohon untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dalam operasi lilin semeru ini," kata Sekda Adhy

"Kami sendiri dari provinsi juga telah menginstruksikan kepada Bakesbangpol, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinkes, Dinsos untuk bergabung dalam operasi dalam lilin semeru," katanya.

Berdasarkan survey pergerakan mudik yang dikeluarkan Kemenhub, menyebutkan bahwa Jatim menduduki peringkat 1 dengan total prediksi pergerakan masyarakat pada libur natal dan tahun baru yang keluar wilayah Jatim sebesar 17,54 juta orang atau naik 16.30%.

Sementara untuk jumlah pemudik yang melakukan perjalanan menuju ke Jatim sebanyak 16,3 juta orang atau sekitar 15,10%. Untuk wilayah tujuan terbanyak adalah wilayah Malang, kabupaten Malang dan kota Batu.

Kendati terjadi kenaikan pemudik dari dan keluar Jatim, Sekda Adhy optimis seluruh jajaran forkopimda dapat mengatasi hal tersebut.

"Tahun ini jumlah wisatawan yang masuk ke Jatim akan jauh lebih banyak. Ada sekitar 30% pergerakan masyarakat dari dan keluar Jatim. Tapi kami yakin dengan sinergitas dan kolaborasi bersama kita bisa atasi ini, khususnya dalam melakukan pencegahan dan pengawasan titik kerawanan," katanya.

Tak haya itu, Sekdaprov Adhy juga menyinggung terkait pengamanan perayaan natal yang akan dilakukan oleh umat kriatiani tahun ini. Ditambahlagi, Surabaya dipilih sebagai tuan rumah perayaan natal nasional yang rencananya akan dilakukan pada 27 Desember mendatang.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, beberapa gereja di Surabaya pernah menjadi sasaran penyerangan kelompok terorisme. Oleh karenanya ia berpesan, agar pengawasan dan pengamanan di gereja-gereja perlu diperkuat dan diperketat lagi.

"Ini juga perlu diperhatikan. Kita ingin memberikan perlindungan dan kenyamanan kepada saudara-saudara kita yang akan melakukan ibadah natal dan tahun baru," katanya.

Berkaitan dengan pengaman Nataru, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menyampaikan, pihaknya akan menurunkan sekitar 13.034 personel.

Adapun titik-titik pengamanan akan dilakukan pada gereja, terminal, pelabuhan, bandara serta beberapa lokasi yang diidentifikasi menjadi lokasi yang rawan.

"Pengamanan natal, ada 7 gereja yang menjadi sasaran teror baik di Surabaya, Mojokerto. Lokasi-lokasi ini yang kita perketat pengamanannya, sehingga saudara-saudara kita yang nasrani dapat beribadah dengan tenang dan nyaman," katanya

Lebih lanjut ia menjelaskan, operasi lilin semeru akan dilakukan pada 22 Desember 2023 mendatang. Pembuakaan pos jaga disetiap titik telah dilakukan. Secara total, ada sekitar 243 pos pengamanan yang disediakan, 42 pos pelayanan dan pos terpadu sebanyak 9 pos.

Kepada setiap personel yang bertugas, ia berpesan untuk melayani dengan ramah dan memberikan setiap informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Tampil sehumanis mungkin dan semanis mungkin. Terutama di pos pelayanan, pelayan yang diberikan ramah dan berikan layanan terbaik kepada masyarakat selama nataru ini," katanya.(red)

 

 

#Sekdaprov Jatim #Adhy Karyono #Nataru #Nataru2023/2024