Minggu, 28 April 2024

RPIN Foundation Fasilitasi Pelajar Ngawi Raih Beasiswa Ke Luar Negeri

Diunggah pada : 15 September 2023 16:58:58 162
RPIN Fundation saat melakukan sosialisasi program kepada siswa SMA di Kabupaten Ngawi.

Jatim Newsroom – Sebagai bentuk kepedulian ikut berperan serta memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi kalangan pemuda, khususnya di Kabupaten Ngawi, Yayasan Rumah Pemimpin Indonesia Ngawi (RPIN) Foundation menyelenggarakan program RPIN Academy.

RPIN Academy akan memberikan pelatihan, pendampingan serta pembekalan pada peserta didik tentang persiapan untuk bisa mendapatkan beasiswa keluar negeri dan cara memilih universitas ternama di mancanegara. 

“Kami sadar bahwa memulai persiapan sejak dini sangat penting untuk mencapai sukses tertinggi. Misi kami adalah untuk mendukung generasi muda di Ngawi agar dapat selalu berprestasi dan unggul dalam kompetisi” ungkap Gilang Maulana Majid, PhD (cand.) selaku Inisiator dan Ketua Umum RPIN Foundation, Jum'at (15/9/2023).

Pendaftaran program ini dimulai dari 16 September hingga 30 Oktober 2023. Program ini menyasar siswa-siswi Ngawi yang sedang duduk di kelas 9 (SMP), 10 atau 11 (SMA). 

Dengan basis nirlaba, RPIN Academy membuka dua jalur pendaftaran: seleksi dan non-seleksi. Sebanyak 25 siswa-siswi terbaik yang terpilih berhak mengikuti program mentoring pendidikan selama satu tahun, mulai Januari hingga Desember 2024. 

Sebelumnya, RPIN Academy, sejumlah pengurus dan pendiri telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperkenalkan yayasan kepada khalayak umum, khususnya para pejabat tinggi di Kabupaten Ngawi. 

RPIN Foundation merupakan yayasan konsultasi pendidikan di Kabupaten Ngawi, yang didirikan oleh lima pemuda/i Ngawi berprestasi, dimana dua diantaranya merupakan alumni kampus luar negeri yang mendapatkan beasiswa penuh dari Pemerintah Indonesia. 

Tujuan RPIN Foundation yaitu untuk mempersiapkan generasi muda Ngawi sejak dini untuk menjadi pemimpin masa depan dengan ilmu dan motivasi. Adapun dua program yang ditawarkan yaitu RPIN Academy dan RPIN Global. 

Pada hari Rabu, 6 September 2023, para pendiri RPIN Foundation telah melakukan audiensi kepada Bupati Ngawi, H. Ony Harsono Anwar, S.T., M.H. di kediaman beliau guna memaparkan program RPIN Foundation dan rencana pembukaan masa pendaftaran RPIN Academy. 

Pada kesempatan itu, Bupati menyambut dengan baik dimana para pendiri RPIN Foundation berkesempatan untuk berdialog hingga hampir dua jam lamanya. Beliau sangat mendukung adanya program yang ditawarkan oleh RPIN Foundation hingga menyarankan supaya Co-working Space Cah Angon yang terdapat di area kediaman beliau dapat digunakan sebagai lokasi pembelajaran. 

“Adik-adik harus bersiap untuk menghadapi era globalisasi yang penuh dengan disruption dan ketidakpastian. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan diri untuk menguasai kemampuan berbahasa asing, komunikasi, adaptasi teknologi, manajemen, serta akses informasi tentang dunia internasional. Semua itu sesuai dengan modul yang dikembangkan oleh RPIN Foundation,” katanya.

Selain kepada Bupati Ngawi, audiensi juga dilakukan kepada Dr. Dwi Rianto Jatmiko, M.H.,M.Si selaku Wakil Bupati Ngawi; Bapak Drs. Mokh. Sodiq Triwidiyanto, M.Si. selaku Sekretaris Daerah Ngawi; Sumarsono, S.H., M.Si. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ngawi; dan Wiwien Purwaningsih, S.Sos. selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi. 

Dalam kesempatan itu, semua pejabat Pemerintah Kabupaten Ngawi menyampaikan dukungan terhadap program RPIN Academy guna mendorong perkembangan kualitas sumber daya manusia dan investasi jangka panjang di dalam diri generasi muda Ngawi. 

Dalam program ini, diakhir kegiatan, juga akan diadakan Graduation Ceremony dimana tamu undangan seperti Bupati Ngawi dan Perwakilan Dinas dari Tingkat Provinsi akan turut hadir. Hal di atas disampaikan oleh para pendiri RPIN Foundation di aula SMAN 1 Ngawi pada Jumat, 8 September 2023 dalam kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru BK dan Kesiswaan, serta perwakilan siswa-siswi SMAN 1 Ngawi. Hadirin sangat antusias dengan adanya RPIN Academy. Program ini dinilai sebagai jawaban atas perlunya terobosan inovatif yang mampu menjawab tantangan yang dihadapi oleh Kabupaten Ngawi.

Dari adanya audiensi produktif yang telah dilakukan oleh yayasan, kami berharap bahwa keberadaan RPIN Foundation sebagai wadah pengembangan SDM kepemudaan di Ngawi dapat selalu didukung oleh instansi pemerintahan Kabupaten Ngawi dan seluruh masyarakat Ngawi. (jal)

 

#Kabupaten Ngawi