Jumat, 17 Mei 2024

Raih 10 Medali Emas, Loncat Indah Jatim Kejar Perolehan Medali Jakarta di IOAC 2023

Diunggah pada : 20 Desember 2023 20:19:01 74
Atlet Loncat Indah Jatim Achmad Aimar Ghali Zikri (tengah) memperoleh emas 1 M KU D Putra

Jatim Newsroom - Hingga hari ketiga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bertajuk 5th Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2023 yamg digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, kontingen Loncat Indah Jatim siap mengerjar perolehan medali DKI Jakarta.

Hingga berita diturunkan Jatim raihan 10 emas, 10 perak, dan 2 perunggu di bawah kontingen DKI Jakarta dengan 13 emas, 9 perak, dan 7 perunggu, posisi ke III ada Sumsel dengan 2 emas, 5 perak, 3 perunggu, dan Jabar 2 emas, 3 perak 4 perunggu.

Manajer Sekaligus Pelatih Loncat Indah Jatim, Ronaldy Herbintoro, di Jakarta Rabu (12/12/2023). mengatakan, peluang Jatim untuk menambah pundi medali emas, perak perunggu masih terbuka karena hari ini Rabu (20/12/2023) atlet-atlet loncat Indah Jatim masih bertanding dan berjuang untuk meraih yang terbaik.

Capaian sampai hari ke-3, ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jatim, karena muncul juara-juara baru dikelompok usia muda. Bibit-bibit atlet muda ini nantinya menjadi tumpuan perkembangan cabor loncat indah Jatim yang akan menggantikan para seniornya. “Prestasi yang ditunjukkan para atlet muda ini menjadi cerminan bahwa pembinaan sejak dini atlet pemula di Jatim adalah cukup baik, ditengah-tengah keterbatasan yang ada. Terutama adanya keterbatasan pada ketersediaan fasilitas kolam loncat indah, yang hanya ada satu yang berstandar untuk bisa digunakan sebagai tempat latihan di seluruh Jawa Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, adanya atlet muda yang berprestasi dan fasilitas tempat berlatih yang memadahi, akan menjadi tumpuan bagi Jatim untuk terus menjadi barometer perkembangan cabor loncat indah. Terlebih, cabor ini selalu bisa memenuhi target capaian medali emas di PON dan menjadi penyumbang 5 medali emas bagi Jawa Timur pada PON di Jabar tahun 2016 dan PON Papua ditahun 2021.

Ditingkat internasional, Jatim menjadi satu-satunya provinsi yang mewakilkan atlet loncat indah pada Sea Games dan Asian Games tahun 2023. Pada Sea Games ke-32 yang lalu, atlet Jatim mampu mempersembahkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu. Prestasi ini, bagi kami adalah perjuangan ditengah-tengaj keterbatasan yang ada, dengan harapan bahwa adanya perhatian dari para pemangku kepentingan, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk bisa memberikan fasilitas berlatih yang lebih layak bagi kami, sehingga prestasi kami kedepan akan bisa menjadi lebih baik lagi.

Dari 7 medali emas Jatim di hari ke II dan ke III diantaranya atas nama Gladies Lariesa Garina nomor sinkro menara terbuka putri, ( emas), 2 Al Ghaaazy Adriel Purnomo 3 M KU C PUTRA, 3 Achmad Aimar Ghali Zikri 1 M KU D Putra, Sifa Kartika Putri 1 M KU D putri, Aldinsyah Putra Rafi dan Gladies Lariesa Garina sinkro 3 m mix, Gladies Menara Terbuka Putri.

Sebelumnya 3 medali emas di sumbang atas nama 1 emas team event (Aldinsyah Putra Rafi dan Gladies Lariesa),. 1 emas 1 m terbuka putri (Gladies Lariesa) dan 1 emas sinkro putri 3m (Gladies Lariesa dan Linar Betiliana),

Sedangkan 5 medali perak di sumbangkan atas nama 1 perak sinkro 3m (Aldinsyah Putra Rafi dan Yovy Surya Wahyu), perak ke II atas nama 1 perak KU C menara (Al Ghaazy Adriel), perak ke III 1 perak KU A 1M (M. Aditya Perwira) perak ke IV 1 perak KU D 3M (Achmad Aimar Ghali Zikri) dan perak ke V 1 perak KU D 3M (Nastiti), perak ke V 1 perak 1m terbuka putri (Linar Betiliana) Dan 1 medali perunggu atas nama 1 perunggu KU B 1M ( Matthew Kusumawardana). (hjr)

#loncat indah Jatim #IOAC 2023 Jakarta