Jumat, 3 Mei 2024

PT Jamkrida Jatim Realisasikan Penjaminan Kredit Rp 4 Trilliun ke 196.577 UMKM

Diunggah pada : 27 Juli 2023 12:57:53 120
BUMD Jatim Direktur Utama (Dirut) PT Jamkrida, Untung Heri Sukariyanto. (Pca)

Jatim Newsroom - Direktur Utama (Dirut) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jamkrida Jatim, Untung Heri Sukariyanto mengatakan bahwa hingga Mei 2023, pihaknya telah merealisasikan penjaminan kredit bagi UMKM sebesar Rp.4,05 triliun.

“Dari jumlah tersebut ada sekitar 196.577 unit UMKM penerima kredit dengan besaran kisaran Rp.40 juta hingga Rp.45 juta per UMKM dari perbankan yang sudah menjalin kerjasama dengan PT Jamkrida jatim,” kata Untung ditemui di Surabaya, Kamis (27/7/2023).

Sedangkan target tahun 2023, kata  Untung, PT Jamkrida Jatim akan memberikan penjaminan kredit  (ospending) kepada pelaku UMKM totalnya sebesar Rp.8 triliun. “Itu sesuai ketentuan dari OJK karena modal dasar kita hanya sebesar Rp.180 miliar. Semakin besar modal yang dimiliki PT Jamkrida maka ospendingnya juga akan semakin besar,” ungkap alumnus Unibra Malang ini.

Untung mengakui semakin banyak UMKM yang mampu dijamin untuk menerima kredit perbankan tentu akan semakin membuka lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat meningkat. “Kalau rata-rata dari 196.577 UMKM penerima kredit itu memiliki 3 karyawan maka sudah ada 589.731 tenaga kerja yang terserap. Inilah peran nyata PT Jamkrida dalam membantu UMKM di Jatim,” ungkapnya.

Ia berharap PT Jamkrida Jatim mendapat suntikan modal agar bisa setara dengan  PT Jamkrida DKI Jakarta yang ospendingnya bisa mencapai Rp.40 triliun sehingga bisa bersaing dengan perusahaan kompetitor dan semakin banyak potensi pasar penjaminan kredit yang bisa difasilitasi PT Jamkrida. “Kalau PT Jamkrida DKI Jakarta modalnya sudah mencapai Rp.400 miliar sehingga kapasitas ospendingnya bisa mencapai Rp.40 triliun. Idealnya sih PT Jamkrida Jatim bisa setara sebab potensi UMKM nya sangat banyak,”kata Untung Heri Sukariyanto.

Pertimbangan lainnya, lanjut Untung, PT Jamkrida Jatim juga sudah menyiapkan SDM sesuai dengan kompetensi yang disyaratkan OJK maupun melakukan pembenahan organisasi bisnisnya berbasis digital. “Dari sisi internal kita sudah siap, tinggal penyertaan modal Pemprov Jatim siap atau tidak untuk menambah modal dasar PT Jamkrida,” pungkas pria murah senyum ini. (pca/hjr)

#BUMD #pt jamkrida jatim