Minggu, 5 Mei 2024

Program Sanduk, Salah Satu Upaya Pemkab Bojonegoro Ringankan Beban Keluarga

Diunggah pada : 5 Desember 2023 4:28:20 110
Foto : Pemkab Bojonegoro

Jatim Newsroom – Program Santunan Duka (Sanduk) yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menjadi salah satu upaya dan bentuk kepedulian untuk meringankan warga yang anggota keluarganya meninggal dunia.

Seperti disebutkan dalam laman Pemkab Bojonegoro, pada tahun 2023 jumlah pemohon Sanduk mencapai 11.000 pemohon. Pemkab Bojonegoro juga telah menaikkan nominal santunan, dari sebelumnya Rp 2,5 juta mencapai Rp 3 juta.

Menurut Kepala Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari, Umi Zumrothin, Sanduk yang diterima warga telah memberikan manfaat besar. Bantuan tersebut dapat meringankan beban keluarga yang sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan pemakaman anggota keluarga yang meninggal.

Pencairan Sanduk langsung ke rekening keluarga atau ahli waris. Hal ini menjadi bukti transparansi dan mempercepat akses penerimaan bantuan.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bojonegoro, Sahlan, menjelaskan bahwa program Sanduk telah berjalan hampir lima tahun. Proses pengajuan Sanduk ini cukup mudah dan didukung petugas yang siap membantu. Program ini tidak hanya memberikan bantuan uang, tapi juga menjadi bentuk kepedulian Pemkab kepada warganya. (yan/s)

 

 

#Kabupaten Bojonegoro