Jumat, 20 September 2024

Prodi PSTM UM Meriahkan Festival Ethnic Situbondo 2023

Diunggah pada : 27 November 2023 12:27:52 56
Para mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM), Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang ikut serta dalam Festival Ethnic Situbondo (FES)

Jatim Newsroom - Para mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM), Departemen Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang ikut memeriah Festival Ethnic Situbondo (FES) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo Jawa Timur, Minggu (26/11/2023).

Kegiatan ini menyajikan pertunjukan seni dan budaya dari beberapa wilayah, antara lain Bali dan Jawa Tengah.

Pada Festival Ethnic Situbondo 2023 kali ini, PSTM menampilkan karya tari berjudul Huswa Mataya. Ini adalah salah satu karya di bawah tanggung jawab Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Seni Tari dan Musik Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. Selain itu juga di bawah pembina, Dr. Tri Wahyuningtya, M.Si, Hartono, S.Sn, M.Sn, Wida Istiandini, S.Pd, M.Pd, dan Yurina Gusanti, S.Sn, M.Sn.

Dalam pementasannya, Karya tari Huswa Mataya merupakan gambaran spirit sosok penari Beskalan putri Malang yang melegenda, Mak Riyati yang memiliki semangat pantang menyerah dengan motivasi tinggi selalu memberi ilmu di setiap nafasnya.

Mak Riyati digambarkan sebagai sosok yang mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal di tengah era milenial. Semangat yang terus bergejolak tak terbatas oleh waktu demi terjaganya kualitas berbudaya generasi muda.

"Karya ini tak hanya mempesona melainkan juga menyampaikan nilai-nilai kearifan lokal kepada generasi milenial. Melalui gejolak semangat yang tak terbatas," ujar Wida Rahayuningtyas.

Sebagai informasi, Situbondo Ethnic Festival (SEF) juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Festival ini bertujuan untuk menggali potensi budaya lokal Situbondo, sekaligus menampilkan budaya dari luar daerah, yakni dari provinsi lain di Indonesia, yang sudah memastikan hadir.(aud/s)

#UNIVERSITAS NEGERI MALANG