Kamis, 2 Mei 2024

Plato dan Unicef Gelar Ngopi Tentang Aplikasi Oky Bersama Youth Grup

Diunggah pada : 25 Februari 2023 18:36:47 102
Ngopi Tentang Aplikasi Oky bersama Plato dan Youth Group

Jatim Newsroom – Dalam upaya meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan akses layanan Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) khususnya bagi remaja putri, Yayasan Plato yang didukung oleh Unicef bersama Youth Grup menggelar Ngobrol Santai (Ngopi) tentang aplikasi OKY yang perlu disebarluaskan bagi seluruh remaja putri, di Waroeng Joglo Merah Putih, Gunung Anyar Surabaya, hari ini Sabtu (25/2/223)

Dita Amalia, Direktur Plato mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan kampanye secara masif di wilayah Jawa Timur agar aplikasi Oky dapat diterima dan diaplikasikan oleh remaja putri.

“Kita punya PR yang sangat besar dimana harapannya ada 55 ribu remaja putri memanfaatkan aplikasi Oky, tetapi masih 15% yang memanfaatkan aplikasi ini . Untuk mencapai goals tersebut kita perlu edukasi secara masif dengan melibatkan remaja putri, juga peran serta pemerintah termasuk Diskominfo Jatim untuk membantu menginformasikan kepada  masyarakat., serta peran Pentahelix,  yakni pemerintah, organisasi masyarakat termasuk komunitas remaja, akademisi, media dan privat sektor,” jelas Dita.

“Plato juga mencoba untuk mengorganize kegiatan-kegiatan yang melibatkan peran serta remaja. Dengan tagline Oky bikin “GEMES” yang artinya gadis sehat menstruasi sehat, maka aplikasi Oky hadir untuk memberikan edukasi bagaimana bersih dan sehat sebelum dan sesudah menstruasi. Kita punya mimpi agar remaja putri di Jawa Timur bisa berseri artinya bersih sehat dan percaya diri terutama saat menstruasi

Yuniar Sulistyo Putri, Program Koordinator Risk Communication and Community Engagement (RCEE) mengatakan, hadirnya aplikasi Oky ini sebagai sahabat para remaja, juga bisa dikatakan sebagai pelacak menstruasi ataupun kamus untuk mencari informasi  tentang MKM dan permasalahan remaja lainnya. Untuk mengetaui Aplikasi Oky tersebut bisa dilihat di https://okyapp.info/id/ .

“Kita merangkul anak-anak muda di berbagai komunitas ataupun universitas di Jawa Timur untuk mengkampanyekan isu MKM ini. Aplikasi Oky ini juga kita sampaikan kepada orang tua sebagai parenting bahwa orang tua itu juga harus peduli tentang hal ini,“ ucap Yuniar.

Dewi Fatmawati dari Youth Group  mengatakan, sebagai remaja harus peduli terhadap MKM ini. Dengan aplikasi Oky membantu remaja untuk mendapatkan informasi yang terpercaya. Aplikasi Oky sangat  bermanfaat serta mengedukasi serta sebagai media pembelajaran, tidak hanya untuk remaja putri tetapi juga untuk laki-laki atau bahkan juga untuk orang tua.

“Dengan aplikasi Oky,  para remaja bisa berperilaku untuk hidup bersih dan juga sehat. dan dengan aplikasi Oky, kita bisa bermain sambil belajar," pungkasnya. (yan/n)

 

#Unicef #Yayasan Plato #Aplikasi Oky