Jumat, 17 Mei 2024

Pj Sekda Prov Jatim Resmikan Aplikasi Road Care DPU Bina Marga

Diunggah pada : 2 Juni 2022 21:28:18 198
Foto: dok.DPU Bina Marga Jatim

Jatim Newsroom - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur menghadirkan inovasi terbaru guna meningkatkan pelayanan publik, bernama Road Care. Inovasi tersebut diresmikan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr Ir Wahid Wahyudi MT, di Road Care Room Center lantai 2 Gedung Kepegawaian DPU Bina Marga Jatim, Kamis (2/6).

Road Care merupakan sebuah platform yang menampilkan integrasi dari berbagai layanan kebinamargaan, mulai dari sistem pengaduan, pengujian, laporan kegiatan, hingga big data. Road Care disambut positif oleh Pj. Sekdaprov Wahid.

Menurutnya, inovasi ini akan berdampak vital dalam layanan kebinamargaan, yaitu infrastruktur jalan dan jembatan. Kedua infrastruktur tersebut memiliki peran inti bagi berbagai sisi kehidupan di Jatim, baik kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan atau hankam.  

“Road Care ini merupakan sistem yang sangat bermanfaat untuk melaksanakan tupoksi Dinas PU Bina Marga Jatim, seperti memonitor kondisi, struktur, kapasitas, serta merencanakan pengembangan jaringan jalan dan jembatan. Karena itu saya mengapresiasi adanya Road Care, inovasi ini adalah embrio masa depan layanan jalan dan jembatan di Jatim,” titur Pj Sekda, Wahid.

Lebih lanjut ia meminta agar sistem Road Care ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi yang dimiliki oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Di antaranya Dinas Perhubungan Jatim, Bappeda Jatim, Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Jatim, lalu Ditlantas Polda Jatim, hingga jaringan Rumah Sakit (RS) di Jatim.

“Sektor jalan harus jadi prioritas di semua tingkat pemerintahan, baik pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, salah satu cara mengintegrasikannya adalah melalui teknologi. Jadi, kedepan kita harus bekerja berbasis teknologi digital,” ujarnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Edy Tambeng Widjaja ST MSi menjelaskan, tujuan dibuatnya Road Center ini sebagai tools untuk berkolaborasi dengan OPD-OPD yang tupoksinya berkaitan dengan DPU Bina Marga Jatim, seperti Dinas Perhubungan, dan Dinas PU Sumber Daya Air.  

“Salah satu aplikasi yang terintegrasi di Road Center ini adalah QRRMS atau Quick Response Road Management System. Dimana pelaporan pengaduan dari masyarakat akan ditampung dalam aplikasi ini dan bisa diakses oleh semua OPD,” jelasnya.

Selain OPD, kata Edy Tambeng, masyarakat pun bisa memanfaatkan berbagai layanan berbasis teknologi digital yang terintegrasi di Road Care. Contohnya, aplikasi e-Lab Uji yang bisa diakses secara online secara real time. 

“Jadi lebih efektif dan efisien, bila masyarakat ingin melakukan uji lab, tidak harus orang bertemu dengan orang, tetapi orang bertemu dengan system. Dimana system ini akan bisa langsung memproses pelaksanaan lab yang diinginkan oleh yang berkepentingan,” imbuhnya.

Ke depan, Edy Tambeng berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi Road Care ini agar manfaatnya bisa semakin luas. Menurutnya, kedepan inovasi tersebut akan semakin dibutuhkan oleh berbagai pihak, sehingga harus terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi yang terbaru. 

“Jadi saya berharap inovasi ini tidak berhenti sampai disini, tapi juga harus diselaraskan dengan inovasi-inovasi terbaru yang akan membantu kita dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Saya optimis teman-teman DPU Bina Marga Jatim merupakan orang-orang yang hebat dan siap belajar, sehingga bisa memberikan peran penting bagi keberlangsungan sistem ini,” pungkasnya.(sti)

#DPUBinaMarga #PJ Sekdaprov Jatim