Selasa, 23 April 2024

Pj. Gubernur Jatim : Roda Pemerintahan Akan Terus Dilanjutkan dengan Baik

Diunggah pada : 20 Februari 2024 11:52:54 211
Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono saat memimpin upacara apel pagi pertamanya, di halaman kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Jalan Pahlawan Nomor 110, Surabaya, Selasa (20/2/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyampaikan bahwa akan terus melanjutkan roda pemerintahan Provinsi Jawa Timur dengan baik. Hal tersebut disampaikannya, usai memimpin upacara apel pagi pertamanya sebagai Pj. Gubernur Jatim, di halaman kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Nomor 110 Surabaya, Selasa (20/2/2024).

“Tadi saya menekankan bahwa lima tahun ini pembangunan sudah berjalan dengan indikatornya yang sangat baik. Karena ini pergantian yang smooth ya, saya dari Sekda sudah bekerja seperti biasa, jadi tidak perlu ada perubahan-perubahan,” tutur Adhy. 

Lebih lanjut, Adhy menerangkan, dalam menjalankan roda pemerintahan Provinsi Jawa Timur pihaknya tentu akan menyesuaikan dengan irama yang sudah ada. Dikatakannya, pihaknya juga ingin agar perpindahan kepemimpinan ini tidak terlalu jomplang, dan kinerja tetap berjalan. “Kita ingin memotivasi mereka (para pegawai ASN) supaya tetap menjalankan roda pemerintahan ini seperti biasa,”  terangnya. 

Dalam melanjutkan roda pemerintahan, Adhy menilai, pada saat seperti inilah merupakan kesempatan untuk mengevaluasi agar lebih baik lagi, sehingga Ia mengimbau supaya mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi, yang nanti akan dijalankan di tahun 2025.

“Inilah kesempatan kita semuanya sebenarnya untuk  evaluasi dan membuat perencanaannya. Tetapi inti sebenarnya bahwa kepemimpinan Ibu Khofifah dan Pak emil sudah berhasil dan sangat baik, dan keberhasilan itu juga keberhasilan tim dibawahnya. Sehingga, kami ingin lebih baik lagi, lebih maju lagi, dan lebih tersistem lagi,” tutur Adhy. 

Adapun hal-hal yang perlu didorong dalam melanjutkan roda pemerintahan, kata Adhy, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) sedang melakukan proses pemeriksaan keuangan dari BPK. Menurutnya, laporan keuangan suatu pemerintahan itu penting karena dengan waktu yang singkat Pemprov Jatim harus menunjukkan akuntabilitasnya yang baik. 

“Yang kedua, program-program yang memang betul berdampak kepada masyarakat. Coba kita mulai melakukan efisiensi di dalam hubungan operasional, tetapi lebih ke yang diberikan kepada masyarakat,” jelas Adhy, 

Diketahui, dalam melanjutkan pemerintahan Pemprov Jatim, Adhy menunjuk Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur (Bapenda Jatim) Bobby Soemariyono menjadi Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim) menggantikan dirinya.

“Sekarang statusnya masih Plh. karena memang SK-nya belum turun. Tetapi, Sekda itu Pj. Saya sudah ajukan ke Kemendagri mudah-mudahan satu atau dua hari ini sudah keluar,” ungkap Adhy. (vin/s) 

#pemprov jatim #Pemerintah Provinsi Jawa Timur #Pj. Gubernur Jawa Timur