Selasa, 17 September 2024

Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024

Pj. Gubernur Jatim : Pramuka Harus Jadi Teladan Persatuan dan Kesatuan

Diunggah pada : 27 Agustus 2024 19:25:43 127
Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono saat ditemui usai upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (27/8/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengatakan, pramuka harus menjadi teladan dalam menjaga persatuan dan kesatuan di antara warga negara. Hal tersebut disampaikannya, saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (27/8/2024).

"Gerakan pramuka harus menjadi teladan persatuan dan kesatuan warga negara. Pramuka harus menunjukkan bahwa dasi merah putih di leher adalah simbol penting yang menjunjung tinggi kepentingan negara daripada hanya untuk kepentingan golongan," ujar Adhy.

Lebih lanjut, Adhy mengatakan, gerakan pramuka harus tetap menjaga diri untuk tidak terlibat dalam politik praktis.  "Semua orang secara pribadi boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis maupun dalam berbangsa dan bernegara. Tetapi jangan gunakan simbol pramuka, dan jangan jadikan pramuka sebagai alat politik, untuk pemuas kepentingan pribadi," ujarnya.

Terlebih, kata Adhy, tahun 2024 ini merupakan tahun politik, sehingga, dikatakannya gerakan pramuka sangat penting dalam menjaga gerakan supaya kondusif. "Maka, mari terus tingkatkan sinergitas dan kolaborasi untuk memajukan gerakan pramuka di Indonesia kususnya di Jawa Timur," ujarnya.

Peringatan pramuka yang ke-63 di lingkup Provinsi Jawa Timur ini, menurut Adhy, diadakan sebagai wujud pemersatu dan penjaga NKRI yang berjiwa Pancasila.

Karena dalam upacara ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ketua Kwarda Jatim dengan BNN Jatim tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika, Adhy pun menilai, PKS tersebut dilakukan untuk memerangi pencegahan peredaran narkoba.

"Dengan penandatanganan itu, gerakan pramuka diharapkan hadir sebagai agent of change, karena generasi muda pada keanggotaan pramuka didorong turut andil dalam memerangi pencegahan peredaran narkoba. Mereka bisa menjadi agent yang bisa memberikan penyuluhan tentang narkoba juga turut serta menghadapi persoalan-persoalan terkait dengan narkoba maupun isu-isu lainnya," tukas Adhy. (vin/hjr)

#pemprov jatim #pramuka #Pj. Gubernur Jawa Timur #Hari Pramuka ke-63