Kamis, 9 Mei 2024

Peserta PKA Jambi Studi Lapangan ke Diskominfo Jatim

Diunggah pada : 20 Juni 2023 16:30:41 112
Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani (tengah) dan Widya Iswara Ahli Utama BPSDM Jambi Pendamping Kelompok Dua PKA Angkatan VII Provinsi Jambi, Bailah Saleh (tengah, berkacamata) saat sesi foto bersama usai studi lapangan di Lt. 2, R. Command Center, Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (20/6/2023). Foto : Ryanda / JNR

Jatim Newsroom – Guna mengembangkan dan mengadaptasi inovasi terbaik yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Timur, peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VII dari Pemprov Jambi, melakukan studi lapangan di lingkungan Pemprov Jatim, salah satunya ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/6/2023). 

PKA merupakan pelatihan struktural kepemimpinan administrator sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah mengenai manajemen pegawai negeri sipil, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Administrator. 

Keseluruhan peserta PKA Angkatan VII Pemprov Jambi yang studi lapangan ke Pemprov Jatim tersebut berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi tiga kelompok dengan masing-masing 10 orang untuk studi lapangan ke BPSDM Jatim, Diskominfo Jatim, dan Bappeda Jatim. 

Adapun peserta PKA Angkatan VII Pemprov Jambi yang melakukan studi lapangan ke Diskominfo Jatim ini, merupakan kelompok dua yang berasal dari beberapa perangkat daerah di lingkup Pemprov Jambi di antaranya, Dinas Pertanian, Dinas Kominfo, Dinkes, Dinas PUPR, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perhubungan, Biro Aset dan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP). Mereka didampingi pula oleh dua orang BPSDM Provinsi Jambi. 

Sedangkan, pihak Diskominfo Jatim yang menyambut studi lapangan peserta PKA Angkatan VII Provinsi Jambi ini adalah, Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani dengan didampingi Kepala Bidang (Kabid) Data dan Statistik Diskominfo Jatim, Dewi Nirmala. 

Saat ditemui, salah satu pendamping kelompok dua PKA Angkatan VII Provinsi Jambi, seorang Widya Iswara Ahli Utama dari BPSDM Jambi, Bailah Saleh menyampaikan, studi lapangan ke Diskominfo Jatim ini merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan dan pelatihan dari PKA angkatan VII Provinsi Jambi di tahun 2023. 

“Tujuan studi lapangan ini adalah untuk melihat best practice ya, inovasi-inovasi terbaik apa yang nanti akan kami contoh dan kami terapkan di Provinsi Jambi. Kelompok studi lapangan ini, terdiri dari OPD Pemprov Jambi, kalau jumlah semuanya ada 30 orang, tapi dibagi tiga kelompok, yang masing-masing per kelompoknya 10 orang. Dan kelompok dua inilah yang ke Dinas Kominfo Jatim,” jelas Bailah, di Lt. 2 R. Command Center, Dinas Kominfo Jatim. 

Lebih lanjut, Bailah menuturkan, selama studi lapangan di Diskominfo Jatim, menurutnya ada hal menarik yang bisa diadopsi Jambi, yaitu tentang Satu Data Jawa Timur (SATA Jatim). 

“Ada Open Government melalui Satu Data, kemudian ada inovasi Diskominfo Jatim terkait tentang data yang terintegrasi menjadi satu. Selain itu, Diskominfo Jatim sebagai Wali Data itu juga sangat menarik sekali bagi kami, bahwa ada tiga pilar yang meliputi, Kominfo Jatim, BPS Jatim dan Bappeda Jatim. Itu mungkin yang akan kami adopsi dan adaptasikan di Jambi sebagai hasil pembelajaran PKA ini nanti,” tuturnya.  

Setelah melakukan studi lapangan ini, Bailah mengungkapkan, selanjutnya akan mengadopsi inovasi terbaik Pemprov Jatim di Provinsi Jambi.

“Setelah studi ini kita akan mengadopsi best practice di Jawa Timur. Nanti akan kita godok lagi dan didiskusikan, sehingga bisa kami adaptasikan di proyek perubahan peserta pelatihan PKA ini. Dari studi ini semoga nanti kalau bisa kami di Provinsi Jambi sama majunya dengan Jawa Timur secara keseluruhan, sehingga ada inovasi baru dari daerah kami nanti,” ungkap Bailah. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan studi lapangan peserta PKA Angkatan VII Provinsi Jambi ke Diskominfo Jatim ini, 

“Kedatangan peserta PKA Angkatan VII Provinsi Jambi ke Diskominfo Jatim ini, adalah hal yang tepat ya menurut saya. Mereka memang sudah paham kalau kita punya berbagai program unggulan. Tadi kita sedikit paparan tentang Kominfo Jatim seperti dasar hukum, SOTK kita, produk-produk dan program  Kominfo seperti Open Data Jawa Timur, Open Government Jawa Timur, Klinik Hoaks, Jaringan Infra, dan Sertifikasi ISO,” kata Suharlina.

Suharlina berharap, semoga studi lapangan peserta PKA angkatan VII ini bisa bermanfaat bagi Provinsi Jambi nanti. “Mudah-mudahan hasil dari studi lapangan ini dapat bermanfaat bagi Provinsi Jambi, sehingga ada yang diterapkan di sana dan lebih maju,” tuturnya. (vin/s) 

#Diskominfo Jatim #Studi Lapangan #Dinas Kominfo Jatim #Provinsi Jambi #PKA