Selasa, 30 April 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kolaborasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Surabaya Gelar Aksi Simpati

Diunggah pada : 25 Mei 2022 16:41:37 171
Aksi Simpati Kolaborasi Pelajar Muhammadiyah Surabaya.

Jatim Newsroom - Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati sebagai hari refleksi kepedulian terhadap lingkungan di sekitar. Berbagai negara dan kota telah memperingatinya dengan cara masing-masing, tak terkecuali di Surabaya.

Demikian pula aksi pelajar se-Surabaya, kolaborasi antara Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Surabaya, Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) Surabaya, Muhammadiyah Pecinta Alam Surabaya (Mupalas), dan pelajar mengajar Surabaya. Lebih dari 100 pelajar dan simpatisan berkumpul di Jembatan Suroboyo untuk melakukan seruan aksi. 

Ketua Bidang Lingkungan Hidup PD IPM Surabaya, Ahmad Hisam menjelaskan bahwasannya sebagian besar dari masyarakat ini lupa dan terlena dengan kepedulian terhadap lingkungannya. 

“Seperti penggunaan plastik atau kresek, membuang sampah tidak pada tempatnya, bahkan tas belanja pun masih terbuat dari plastik," terang Hisam, dalam rilisnya Rabu (25/5/2022).

Lanjut Hisam, seruan aksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kota Surabaya ini dilakukan atas empat dasar yaitu :

Pertama, adalah mikroplastik mengancam Selat Madura. Dimana setiap 100 liter/1 drum air di selat Madura mengandung 15-50 partikel mikroplastik.

Kedua, terancamnya teripang dan kerang, dimana secara umum pakan alaminya hampir sama dengan mikroplastik, yakni berukuran <5mm. Akibatnya mereka mengalami kesulitan dalam bereproduksi ketika   ada mikroplastik dalam tubuh mereka.

Ketiga, makanan dan minuman manusia juga mengandung mikroplastik. Keempat adalah industri dan masyarakat wajib bertanggung-jawab terhadap sampah yang ada di laut.

“Mari jaga Selat Madura kita dari mikroplastik agar lingkungan kita tetap bersih dan nyaman bagi makhluk hidup yang lain," tutup Hisam. (pno)

#ipm Surabaya

Berita Terkait