Rabu, 8 Mei 2024

Pentingnya Peran Kehumasan Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi

Diunggah pada : 16 Agustus 2022 8:24:08 231
Jajaran Kemenkumham Jawa Timur saat mendengarkan arahan dari Kemenkumham RI Tentang Fungsi Kehumasan.

Jatim Newsroom-Fungsi kehumasan dinilai sangat penting, humas diibaratkan sebuah salah satu komponen pertempuran, namun humas  dinilai tidak memenangkan pertempuran, tetapi tanpa humas, pertempuran tidak akan dimenangkan.

Hal tersebut menjadi penegasan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Komjen Pol Andap Budhi Revianto dalam penguatan tugas dan fungsi kehumasan 2022, dalam rilis yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, Selasa(16/8/2022).  

Pesan itu disampaikan Andap kepada seluruh kakanwil, perwakilan humas unit utama dan UPT jajaran se-Indonesia. Dari Jatim, Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji mengikuti dari ruang Hayam Wuruk didampingi Kasubag Humas Ishadi MP, dalam sesi webinar.

Ada lima poin yang disampaikan Andap dalam arahannya. Pertama, jenderal polisi bintang tiga ini mengingatkan jajaran untuk mengingat tugas dan fungsi yang dibebankan kepada insan pengayoman.

Selanjutnya, mantan Kapolda Maluku itu menegaskan agar jajarannya bisa menyikapi perkembangan lingkungan strategis. Dia mengutip bapak sejarahwan modern, Sir John Dalberg-Acton. Yaitu Power tends to corrupt, and absolute power corrupts absolutely. Menurutnya, sebagai instansi yang memiliki kewenangan di bidang hukum, Kemenkumham cenderung terjadi penyimpangan. Sehingga, hal ini menjadi sorotan media. "Maka, kita harus memproduksi narasi-narasi positif untuk melawan sorotan negatif," tegasnya.

Terkait strategi yang harus dilaksanakan, Andap meminta jajarannya untuk memiliki cara berpikir yang berbeda. Salah satunya dengan jangan pernah berhenti berinovasi. "Selain itu, manfaatkan teknologi dan jangan cepat merasa puas," tegasnya.

Terakhir, Sekjen menjelaskan bahwa di era 4.0 ke 5.0 membutuhkan kecepatan. Dan yang tak kalah penting, butuh perubahan mindset dan harus dijabarkan dengan implementasi di lapangan. "Keberhasilan sebenarnya sederhana dan hanya butuh tiga langkah saja, yakni ide, komitmen dan kemampuan eksekusi," tuturnya. (mad/hjr)

#Kanwil Kemenkumham Jatim