Jumat, 3 Mei 2024

Pentingnya Keamanan Data Pribadi di Era Digitalisasi

Diunggah pada : 8 Desember 2023 10:06:39 101
Foto : Pemkab Bojonegoro

Jatim Newsroom – Di era digitalisasi saat ini,  masyarakat diimbau untuk meningkatkan ketelitian, kewaspadaan dan menjaga privasi kebiasaan sehari-hari karena keamanan data pribadi sangat penting.

Hal tersebut ditegaskan saat kegiatan Sosialisasi Perlindungan Data Pribadi di Era Digitalisasi, Kamis (7/12/2023) di Ruang Media Center Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Kabupaten Bojonegoro. 

Kabid TIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro Sutrisno Mawa Putra, Jumat (8/12/2023) mengimbau jika meninggalkan laptop jangan dalam kondisi terbuka, sebab 30 detik pun dapat memberikan kesempatan pada oknum.

Sementara itu, Anggota Dewan TIK Bojonegoro, Muhammad Jauhar Vikri, mengatakan, keamanan data pribadi berkaitan dengan apa yang dilakukan sehari-hari. Untuk itu, perlindungan data pribadi menjadi sangat penting.  Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat dan harta benda di bawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman. 

Data pribadi, lanjut dia, adalah setiap data tentang kehidupan seseorang baik yang teridentifikasi atau dapat diiidentifikasi sendiri. Orang semakin pintar untuk menggunakan data pribadi untuk kejahatan. Misalnya terjerat pinjaman online padahal tidak pernah terlibat. Memang keterbukaan data penting, tapi hanya untuk integrasi sistem di mana data tertentu saja yang diperlukan, misal data kependudukan.

Data pribadi yang harus dilindungi ialah nomor Kartu Keluarga, nomor KTP, tanggal bulan tahun lahir, keterangan kecacatan fisik dan atau mental, NIK ibu dan ayah kandung, serta beberapa isi catatan peristiwa penting. (yan/s)

 

 

 

#Kabupaten Bojonegoro