Kamis, 2 Mei 2024

Penghargaan untuk Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK dan Kader Inspiratif PKK di Jatim

Diunggah pada : 17 Juli 2023 2:23:35 467
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin saat menyerahkan penghargaan di acara Puncak Peringatan BBGRM ke-XX dan HKG PKK ke-51 di Pendopo Ronggo Djomeno, Caruban, Kabupaten Madiun, pada Minggu (17/7/2023).

Jatim Newsroom – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Timur (TP PKK Jatim) Arumi Bachsin, menyerahkan penghargaan pada pemenang Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tahun 2023 dan Kader Inspiratif PKK. 

Penghargaan tersebut diserahkan, pada acara puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke-XX dan Hari Kesatuan Gerak (HKG-PKK) ke-51 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, yang berlangsung di Pendopo Ronggo Djomeno, Caruban, Kabupaten Madiun, pada Minggu (17/7/2023) malam. 

Arumi Bachsin mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Bupati Madiun atas terselenggaranya acara BBGRM dan HKG-PKK di Kabupaten Madiun. “Apalagi diketahui bahwa puncak peringatan ini juga bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Madiun yang ke-455,” tuturnya. 

Melalui momentum HKG PKK ke-51 ini, Arumi Bachsin menyampaikan harapan Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian, bahwa rangkaian peringatan semacam ini supaya tidak hanya seremonial saja. Melainkan kemeriahan dan juga rasa syukur dalam memperingati HKG PKK, haruslah selalu menimbulkan semangat bergelora yang membawa energi baru pada gerakan-gerakan PKK.  Dengan semangat itu, dikatakan Arumi, maka tema HKG PKK ke-51 Tahun 2023 ini adalah ‘Bergerak Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh’. 

“Nah, tema ini mengandung arti yang luar biasa dan sangat mendasar, yakni kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Tidak berlebihan, bilamana tema sentral ini menjadi pilihan kita karena tim penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif,” tutur Arumi. 

Arumi menjelaskan, pola pendekatan pemberdayaan keluarga yang bertumbuh pada pergerakan peran serta masyarakat, haruslah menjadi ciri khas dari Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan. 

“Dan hal ini akan menjadi modal sosial yang sangat besar dalam proses pembangunan. Pergerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan, adalah prinsip dari gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa kita,” jelasnya. 

Salah satu bentuk kegiatan pembangunan di Indonesia seperti percepatan penurunan stunting, Arumi menerangkan, apabila tidak disertai dengan dukungan dan gotong royong masyarakat maupun seluruh instansi terkait, maka tidak akan mungkin Jawa Timur bisa menurunkan angka stunting secara keseluruhan. 

“Gotong royong ini yang memungkinkan banyak proyek-proyek pembangunan bisa dicapai dalam jangka waktu yang relatif singkat. Memperhatikan posisi dan peran PKK, maka Tim Penggerak PKK secara konsisten berkewajiban dalam mendukung garis kebijakan rambu-rambu pemerintah,” terang Arumi. 

Menurut Arumi, tema HKG PKK tahun ini juga memiliki makna gerakan PKK yang senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika pembangunan di Indonesia. “Sedangkan sarana pencapaian program pemerintah perlu didorong melalui peran nyata dari Tim Penggerak PKK sebagai gerakan pembangunan yang tumbuh untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga masyarakat yang sejahtera,” katanya. 

Terkait penghargaan, Arumi mengungkapkan, para peraih penghargaan tersebut telah melalui proses penilaian oleh Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Jawa Timur bersama dengan lomba desa dan kelurahan. 

“Baru tahun ini lomba desa dan kelurahan disatukan dengan lomba PKK yang sudah berjalan dari Juni lalu. Penilaian dilakukan secara administrasi, penilaian lapangan, dan juga kunjung lapang. Diperoleh ranking pemenang berbeda, jadi pemenang 10 program pokok PKK dengan pemenang lomba desa hasilnya berbeda. Hal ini tentunya dikarenakan ada skor, indikator dan juga persayaratan dokumen administrasi dari penilaian masing-masing yang diperoleh hasil berbeda,” ungkap Arumi. 

Kepada para penerima penghargaan Arumi mengucapkan selamat dan berharap agar TP PKK Jawa Timur selalu konsisten dalam melaksanakan program-programnya. 

“Secara pribadi saya mengucapkan selamat kepada pemenang lomba 10 program pokok PKK. Semoga selalu tetap konsisten mencurahkan, merencanakan, melaksanakan, dan memantau serta mengevaluasi pelaksanaan gerakan PKK  ditambah dengan inovasi-inovasi barunya bagi masyarakat di Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, dan juga Kelurahan. Bergeraklah bersama dengan bhakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan Indonesia maju,” pungkasnya. 

Diketahui, acara ini dihadiri oleh sejumlah 400 orang yang terdiri dari, Forkopimda Provinsi Jawa Timur, TP-PKK Jawa Timur, Kepala Bakorwil Jawa Timur, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur, pejabat dan staf Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Timur (DPMD Jatim), Bupati / Wali Kota se-Jawa Timur,  Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Camat serta Lurah se-Kabupaten Madiun. Selain itu, turut hadir pula Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Madiun Ahmad Dawami. 

Adapun penerima penghargaan Pelaksana Terbaik 10 Program pokok PKK Kategori Desa ialah, terbaik kesatu Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, terbaik kedua Desa Ngale Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, dan terbaik ketiga Desa Cinandang Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. 

Sedangkan untuk Kategori Kelurahan, terbaik kesatu Kelurahan Manguharjo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun, terbaik kedua Kelurahan Bendo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, dan terbaik ketiga Kelurahan Kebonsari Kulon Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Dan untuk penerima penghargaan Kader inspiratif PKK di antaranya : 

1. Penghargaan bidang kegiatan sosial diberikan kepada Mochamad Hasan dari Kabupaten Madiun

2. Penghargaan bidang kegiatan tertib administrasi diberikan kepada Emi Setiowati dari Kabupaten Bojonegoro

3. Penghargaan bidang kegiatan keterampilan diberikan kepada Musyawaratun dari Kabupaten Sampang

4. Penghargaan bidang kegiatan kesehatan diberikan kepada Osiana Poedjiana dari Kabupaten Situbondo

5. Penghargaan bidang kegiatan kader lingkungan diberikan kepada Erma Alfayumi dari Kota Pasuruan (vin/s)

#Arumi Bachsin #Ketua TP PKK Jatim #HKG PKK #HKG PKK ke-51 #HKG