Minggu, 5 Mei 2024

Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Jadi Komponen Terbesar di Jatim

Diunggah pada : 30 Agustus 2023 5:30:18 227
Sumber Foto: Istimewa

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat, pada tahun 2022, 36 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur memiliki komponen terbesar pada Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT). Hal ini berarti penggunaan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor ekonomi di masing-masing wilayah paling utama digunakan untuk pemenuhan konsumsi rumah tangga.

Mengutip laman resmi BPS Jatim, Rabu (30/8/2023), Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro merupakan kabupaten/kota di Jawa Timur yang peringkat pertamanya adalah bukan komponen PKRT melainkan komponen net ekspor, yaitu dengan share sebesar 42,62 persen dan 64,24 persen. Hal ini berarti penggunaan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai sektor ekonomi di Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro paling utama digunakan untuk net ekspor antar daerah. 

Nilai positif pada share net ekspor menandakan di Kota Kediri dan Kabupaten Bojonegoro lebih didominasi ekspor antar wilayah dibanding dengan impor antar wilayahnya. Hal ini berkaitan dengan adanya PT Gudang Garam Tbk. yang berpusat di Kota Kediri. PT Gudang Garam Tbk merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang sudah terkenal dan cukup berhasil menguasai pasar domestik maupun pasar internasional yaitu dengan melakukan ekspor ke berbagai wilayah di Indonesia maupun ekspor ke luar negeri. 

Di Kabupaten Bojonegoro, komponen net ekspor berada pada posisi pertama dengan share sebesar 42,00 dan komponen PKRT berada pada posisi kedua yaitu dengan share sebesar 36,67 persen. Kabupaten Bojonegoro merupakan kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah yaitu Kabupaten Blora yang terdapat Blok Cepu, salah satu sumber minyak bumi terbesar di Indonesia. 

Salah satu bagian dari wilayah Kabupaten Bojonegoro merupakan bagian dari Blok Cepu. Hal ini menjadikan Pertambangan dan Penggalian di Kabupaten Bojonegoro merupakan sektor unggulan bagi wilayah ini dan tentu banyak melakukan ekspor baik dalam wilayah domestik maupun internasional, sehingga net ekspor di wilayah ini memegang share di posisi pertama.

Sementara itu pada peringkat dua, kabupaten/kota di Jawa Timur didominasi oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Hanya ada dua kabupaten/kota yang pada peringkat dua disusun oleh bukan komponen PMTB, yaitu disusun oleh komponen PKRT. Dua kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Bojonegoro dan Kota Kediri.

Pada tahun 2022, share komponen PKRT Kota Kediri sebesar 17,18 persen berada pada peringkat kedua di wilayah tersebut, di peringkat pertama adalah net ekspor. Namun jika tanpa memperhitungkan net ekspor, komponen PKRT di Kota Kediri berada di posisi pertama. Hal ini menandakan jika hampir seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga masih menjadi komponen dengan share terbesar. (idc/s)

#BPS Jatim #Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga