Rabu, 1 Mei 2024

Pengangguran Perempuan di Jatim Berusia 15-24 Tahun

Diunggah pada : 4 Januari 2024 14:25:03 82
Data Persentase Perempuan Penganggur Menurut Kelompok Usia dan Daerah Tempat Tinggal di Jatim pada tahun 2022. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom - Pengangguran perempuan di Jawa Timur, baik yang tinggal di perkotaan maupun di perdesaan cenderung berada di kelompok usia muda, yaitu 15-24 tahun. Pada rentang usia tersebut, besar kemungkinan mereka baru menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP maupun SMA. 

“Artinya, mereka yang menganggur pada kelompok usia ini biasanya adalah mereka yang sedang menunggu atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki,” ujar Kepala BPS Jatim, Zulkipli melalui Laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2022. 

Mengutip laman Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Kamis (4/1/2024), persentase perempuan yang menganggur semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Perempuan yang berada pada kelompok usia di atasnya atau 25 tahun ke atas kemungkinan besar telah memasuki masa pernikahan. 

“Setelah memutuskan menikah, mereka lebih memilih untuk mengurus rumah tangga dan tidak berpartisipasi aktif di pasar tenaga kerja,” katanya. 

Dalam laporan ini juga disebutkan, pengangguran perempuan di Jawa Timur memiliki pola yang sama seperti pola pengangguran secara umum. Pengangguran di daerah perkotaan cenderung memiliki proporsi yang relatif lebih besar daripada pengangguran di daerah perdesaan. (idc/s)

#Ketenagakerjaan #BPS Jatim #perempuan