Jumat, 20 September 2024

Pemprov Jatim Ikuti Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2024

Diunggah pada : 16 Juli 2024 18:36:11 82
Pj. Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2024 yang digelar oleh Kemen PAN RB, Selasa (16/7/2024), di Surabaya. Foto : Ryanda / JNR

Jatim Newsroom - Jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur mengikuti pelaksanaan Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Pendahayagunaan dan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) selama dua hari Selasa dan Rabu (16-17/7/2024), di Surabaya. 

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan (RBKUNWAS) Wilayah II, Budi Prawira pada Selasa (17/7/2024) itu, bertujuan untuk menilai perkembangan implementasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Dalam sambutannya, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim), Bobby Soemiarsono menyampaikan, salah satu pilar penting dalam pemerintahan adalah akuntabilitas, sehingga Ia mengajak seluruh perangkat daerah yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh. 

"Pilar penting dalam pemerintahan adalah akuntabilitas, maka mari kita ikuti evaluasi ini dengan sungguh-sungguh supaya bisa berdampak positif ke Pemerintah Daerah dan masyarakat yang berujung kepada layanan publik bernilai baik," tutur Bobby. 

Lebih lanjut, Bobby menerangkan, pelaksanaan evaluasi implementasi ini sangat penting. Oleh karenanya, setiap tahun harus lebih serius diikuti. "Bukan hanya evaluasi, tapi kegiatan ini harus berdampak positif ke pemerintah daerah dan masyarakat, yang ujungnya kepada layanan publik bernilai baik," terangnya. 

Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2024 yang digelar oleh Kemen PAN RB, Selasa (16/7/2024), di Surabaya. Foto : Ryanda / JNR

Kemen PAN RB dalam melakukan penilaian evaluasi, menurut Bobby, memerlukan perencanaan dan penganggaran terstruktur yang sistematis. Dikatakannya, peran perencanaan yang penting, serta fokus yang jelas konsisten adalah rangkaian yang tidak bisa dipisahkan.

"Provinsi Jawa Timur menjadi bagian penilaian dari Kemen PAN RB dalam SAKIP ini agar menjadi semakin baik," tukas Bobby.

Bobby menungkapkan, Kemen PAN RB menetapkan satu standar penilaian yang harus dipenuhi setiap perangkat daerah sehingga grade atau nilainya jelas. 

"Maka, dari tahun ke tahun harus ada peningkatan. Dan ada potensi berdampak positif terhadap pelayaanan publik. Mohon diikuti kegiatan ini dengan serius untuk membantu kita semua mendapatkan nilai yang terbaik," pesannya. 

Diketahui, dalam kegiatan ini seluruh perangkat daerah di lingkup Pemprov Jatim maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur menjalani proses pemaparan akuntabilitas kinerja SAKIP kepada Kemen PAN RB untuk dinilai dan diukur akuntabilitas kinerjanya. Setiap pemerintahan dibagi dalam ruangan berbeda sesuai dengan wilayah pemerintahannya masing-masing. (vin/s)

#Pj. Sekdaprov Jatim #pemprov jatim #SAKIP #Kemen PAN RB