Jumat, 17 Mei 2024

Pemkab Probolinggo Gelar Gebyar Fesyen Merah Putih

Diunggah pada : 12 Agustus 2022 9:46:52 89
Kabupaten Probolinggo akan menggelar gebyar fesyen merah putih di Alun-alun Kota Kraksaan

Jatim Newsroom - Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Adikarya Perajin Batik Bordir dan Asesoris (APBBA) Kabupaten Probolinggo akan menggelar gebyar fesyen merah putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (13/8/2022) mendatang.

Gebyar fesyen merah putih ini mengangkat tema bagaimana menghargai produk-produk dalam negeri dengan jalan bela beli produk nasional, khususnya produk Kabupaten Probolinggo. Harapannya bisa lebih mencintai produk-produk dalam negeri khususnya produk Kabupaten Probolinggo berupa batik.

Kegiatan ini terbagi untuk kategori umum pada sore harinya pukul 15.00 WIB dan OPD pada malam harinya pukul 19.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan untuk memberdayakan UKM, salah satunya batik dan mamin (makanan dan minuman).

Untuk kategori umum nantinya para juara akan mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, batik Probolinggo dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000 untuk juara 1, Rp 750.000 untuk juara 2 dan Rp 500.000 untuk juara 3.

Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto, Jumat (12/8/2022) mengatakan gebyar fesyen merah putih ini sebenarnya yang utama bagaimana semua bekerja sama dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan memberdayakan UKM batik dan mamin.

“UKM batik dan mamin ini yang kita berdayakan dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI melalui gebyar fesyen merah putih. Fesyen merah putih itu artinya fesyen yang dilakukan untuk menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan RI,” katanya.

Anung menjelaskan gebyar fesyen merah putih ini memang dibagi dua yakni kategori umum pada sore harinya dan OPD pada malam harinya. Untuk kategori umum ini dilakukan sebagai upaya untuk mewadahi aspirasi para generasi muda seperti halnya yang lagi ngetrend di Bandung berupa Citayam Fashion Week.

“Namun demikian, kita tidak akan meniru seperti di Citayam Fashion Week yang harus menyeberang jalan raya dan sangat berbahaya. Kita mempertimbangkan bagaimana mengadakan kegiatan yang tidak berdampak kepada yang lainnya. Akhirnya kita laksanakan fesyen merah putih di lorong-lorong Alun-alun Kota Kraksaan,” jelasnya.

Sementara untuk kategori OPD jelas Anung akan dilakukan dengan melibatkan semua Camat yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk melakukan fesyen merah putih dalam pakaian batik di sisi tengah Alun-alun Kota Kraksaan.

“Untuk Kepala OPD juga harus membeli produk batik dan berpartisipasi untuk membeli produk UKM mamin. Ini salah satu upaya bagaimana perhatian Pemerintah Daerah kepada seluruh UKM dalam rangka bela beli produk UKM Kabupaten Probolinggo. Dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI kita peduli kepada UKM batik dan mamin,” pungkasnya.(ern)

#Kab Probolinggo