Senin, 3 Oktober 2022

Pemkab Lamongan tetapkan 5 Prioritas Pembangunan

Diunggah pada : 12 Agustus 2022 19:26:22 92
Foto;dok.kominfolamongan

Jatim Newsroom – Menjelang tahun anggaran 2023 Pemkab Lamongan telah menyiapkan rancangan lima program prioritas untuk pembangunan. Hal ini terungkap pada rapat paripurna yang dihadiri Bupati Lamongan dan 34 anggota dari seluruh fraksi partai politik, Kamis (11/8) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lamongan. Rancangan tersebut tersebut tertuang dalam hasil pembahasan kebijakan umum APBD (KUA) dan rancangan prioritas serta plafon anggaran sementara (PPAS) tahun anggaran 2023.

Melalui pers rilis Diskominfo Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan keputusan, pandangan, dan rekomendasi dari badan anggaran (Banggar) Lamongan yang sudah disetujui melalui penandatangan nota kesepakatan antara Bupati Lamongan dan Pimpinan DPRD Kabupaten Lamongan.

Bupati Yuhronur menyebutkan, prioritas belanja tahun anggaran 2023 yang telah diproyeksikan sebesar lebih kurang Rp. 3, 717 triliun akan dipergunakan  untuk pembangunan prioritas Lamongan di tahun 2023. Kelima prioritas pembangunan tersebut, yakni pertama Peningkatan insfrastruktur dan peningkatan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dan pengembangan ekonomi kreatif. Kedua Pemantapan sarana dan prasarana sekolah dan kesehatan melalui gerakan penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan bayi, perbaikan gizi untuk anak dan ibu hamil, penguatan literasi dan pojok baca, peningkatan sarana dan prasarana PAUD, SD, SMP. 

Ketiga, Pemantapan kualitas kompetensi tenaga kerja dan kemudahan akses kesemoatan kerja serta peningkatan jumlah wirausaha melalui penataan PKL dan pedagang asongan di Lamongan serta peningkatan SMD koperasi dan pembiayaan mitra koperasi. 

Keempat, Pemantapan layanan insfrastruktur dan air baku yang merata serta mengembangkan rintusan industru melalui pengembangan insfrastruktur berbasis TIK, pemenuhan perlengkapan jalan Lamongan, kualitas lingkungan hidup dan menambah ketahanan bencana dan perubahan iklim. Kelima, Peningkatan event kebudayaan dengan cara memperbanyak event berbasis kebudayaan dan pariwisata untuk mengungkit kebangkitan Lamongan.

Pada kesempatan tersebut  Pak Yes juga menyampaikan, ucapan  terimakasih kepada DPRD  yang telah memberikan persetuan,  yang mana hal itu akan menjadi bahan berharga untuk perumusan pembangunan Lamongan pada tahun anggaran 2023 mendatang.

"Terimakasih kepada dewan yang sudah melakukan pembahasan dan memberikan persetujuan, ini akan kita jadikan bahan pedoman untuk perumusan pembangunan Lamongan agar lebih baik lagi dan mensejahterakan masyarakat," ucap Pak Yes.

Sementara itu, melalui pers rilis Diskominfo Lamongan, Ali Mahfud selaku juru bicara DPRD Kabupaten Lamongan, menekankan agar apa yang telah diseujui dan direkomendasikan oleh DPRD terimplementasikan secara efektif.

"Banggar meminta agar bisa mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pajak hiburan, pajak resto, pajak mineral bukan logam. Lebih lanjut Banggar meminta BUMD Lamongan lebih kreatif dalam mengembangkan usaha diberbagai bidang. Banggar meminta Pemkab Lamongan menambah anggaran untuk penanggulangan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak," ungkap Ali. (vin/s)

#lamongan