Jumat, 17 Mei 2024

Pemkab Bojonegoro Upayakan Langkah Penanganan Banjir

Diunggah pada : 12 Mei 2022 13:33:41 266
Bagikan :
Sampah yang menumpuk di kaliavour di Kelurahan Ledok Wetan sebagai muara akhir aliran air yang menjadi salah satu penyebab genangan saat hujan deras terjadi.

Jatim Newsroom - Pemkab Bojonegoro terus mengupayakan langkah penanganan banjir yang sempat terjadi di beberapa titik jalan di kota Bojonegoro beberapa waktu lalu, salah satunya dengan pembersihan sampah, karena menjadi salah satu penyebab genangan saat hujan deras terjadi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana dan Utilitas Umum (PSU) Dinas PKP Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro, Iwan Maulana, dari data lapangan yang dikumpulkan, tidak ada yang salah dalam perencanaan pembangunan drainase di Bojonegoro. Masalah genangan air di jalan protokol itu, karena banyaknya sampah yang ada di kaliavour di Kelurahan Ledok Wetan sebagai muara akhir aliran air.

Adanya genangan air saat hujan langsung ditindaklanjuti oleh tim Dinas PKP dengan membersihkan tumpukan sampah rumah tangga yang mengakibatkan aliran air dari drainase kota tidak lancer, dengan cara mengeruknya dan membuang di tempat semestinya. Mudah-mudahan setelah ini tidak akan ada genangan air lagi, dan masyarakat sadar membuang sampah bukan di kali karena menjadi muara akhir.

Menanggapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hanafi, menegaskan, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya AIR (SDA) menangani masalah sampah yang menumpuk di Kaliavour.

"Kita sudah menghimbau masyarakat membuang sampah ditempatnya. Apalagi di wilayah ledok etan sudah terdapat bak dan pembuangan sementara untuk sampah," ujar Hanafi. (yan/n).

#bojonegoro