Jumat, 3 Mei 2024

Pemkab Bojonegoro Ikuti Pembinaan Kualitas Reformasi Birokrasi, SAKIP dan Zona Integritas

Diunggah pada : 2 Februari 2024 16:33:39 12
Foto : Pemkab Bojonegoro

Jatim Newsroom – Pemkab Bojonegoro mengikuti Pembinaan dan Peningkatan Kualitas Reformasi Birokrasi (RB), Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dan Zona Integritas (ZI) bersama Asisten Deputi (Asdep) KemenPAN RB, Jumat (2/2/2024). Kegiatan yang digelar di Ruang Angling Dharma Gedung Pemkab Bojonegoro ini berfokus pada perbaikan manajemen kinerja di lingkup pemerintah untuk mewujudkan tata kelola yang baik.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan II KemenPAN RB, Budi Prawira, menjelaskan, tahun ini jadwal evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) akan maju daripada biasanya. Adapun tugas pemerintah daerah kali ini perlu memperkuat manajemen (pohon) kinerjanya. Utamanya Bappeda. Dalam hal ini akan dibantu oleh Inspektorat dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga perlu penguatan. Jika ada perbaikan, kemenPAN RB siap membantu mengawal dan mengarahkan. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto, mengucapkan terima kasih atas kehadiran KemenPAN RB. Kegiatan ini mempunyai nilai penting, utamanya dalam upaya Pemkab Bojonegoro memperbaiki kinerja. Perbaikan kinerja tidak hanya untuk kegiatan rutin, melainkan bagaimana bisa memperbaiki kinerja dalam berbagai hal. Misal kaitannya dengan reformasi birokrasi untuk memastikan berjalan dengan baik, integritas terjaga, dan tata kelola masing-masing unit dilaksanakan dengan baik sesuai ketentuan.

“Tugas kita terus memperbaiki pemerintahan masih panjang. Ini membutuhkan partisipasi, komitmen, dan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki kinerja. Pastikan informasi pemahaman pimpinan harus sama sampai staf ke bawah. Kita harus kerja bersama utamanya bagaimana konsolidasi temuan dan arahan di unit masing-masing,” jelasnya. (yan/s)

  

#Kabupaten Bojonegoro