Minggu, 19 Mei 2024

Pemkab Banyuwangi Terima Penghargaan Peduli Pendidikan Vokasi

Diunggah pada : 15 Desember 2023 10:04:12 31
Pemkab Banyuwangi mendapatkan penghargaan sebagai pemerintah daerah yang peduli pada pendidikan vokasi dari Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi). Sumber dok : Pemkab Banyuwangi

Jatim Newsroom - Pemkab Banyuwangi mendapatkan penghargaan sebagai pemerintah daerah yang peduli pada pendidikan vokasi dari Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi). 

Dikutip dari laman resmi Pemkab Banyuwangi, Jumat (15/12/2023). Penghargaan diserahkan secara langsung  oleh Direktur Poliwangi, Shofiul Amin, kepada Asisten Bidang Ekonomi dan Sosial Dwiyanto pada acara Apresiasi Poliwangi Pada Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri di Aula Abdullah Azwar Anas, Kampus Poliwangi.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, hadir dalam acara tersebut. Turut hadir Kamar Dagang Industri (Kadin) Banyuwangi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Banyuwangi serta perwakilan dunia usaha dan industri daerah.

“Kami sangat berterima kasih atas penghargaan ini. Kami akan terus mendukung kemajuan pendidikan vokasi daerah, khususnya yang ada di kampus Poliwangi,” ujar Ipuk.

Ipuk mengatakan pendidikan vokasi sangat berperan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) daerah yang memiliki keahlian dan berdaya saing. Karena pendidikan vokasi, adalah pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan kepakaran yang khas.

“Tentunya kita berharap para mahasiswa jebolan Poliwangi akan memiliki kualitas yang mumpuni, sehingga mereka siap masuk ke dunia kerja maupun berdikari,” kata Ipuk.  

Pendidikan vokasi, kata dia, tidak bisa dilepaskan dari dunia usaha dan industri. Kerenanya butuh kolaborasi yang solid agar sama-sama menguntungkan bagi kedua belah pihak.  

“Dunia usaha dan industri, kami harap keduanya bisa saling berkontribusi secara positif,” jelas Iouk.

“Sedangkan pemerintah merupakan regulator yang akan memberikan dukungan untuk semuanya. Mari kita jaga ekosistem ini agar terus kondusif dan membawa manfaat bagi daerah,” kata Ipuk.

Pada kesempatan itu Ipuk juga berterima kasih atas peran kampus dan dunia usaha dan industri yang telah membantu daerah dalam mengurangi kemiskinan dan jumlah pengangguran terbuka daerah. Yakni melalui jalur pendidikan dan lapangan kerja yang disediakan oleh keduanya.

“Kami berharap, ke depan peran tersebut akan terus berjalan dan  ditingkatkan agar penanganan kemiskinan di daerah bisa dilakukan dengan maksimal,” imbuhnya. (ryn/s)

#Banyuwangi #Ipuk Fiestiandani