Minggu, 19 Mei 2024

Pemdes Tlogoagung Lakukan Pengasapalan Jalan Desa Melalui Program BKD

Diunggah pada : 22 Juli 2022 16:14:23 90
Jalan di Desa Tlogoagung Kecamatan Baureno Bojonegoro

Jatim Newsroom – Pemerintah Desa Tlogoagung Kecamatan Baureno Bojonegoro melakukan pengaspalan jalan desa melalui Program Bantuan Keuangan Desa (BKD) Tahun 2021. Kini jalan desa nglenyer dan sangat membantu aktivitas warga.

Kades Tlogoagung Dewi Wulandari mengatakan, mulanya adalah jalan setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan saat musim hujan, tapi setelah desa Togloagung menerima program BKD Tahun 2021 dari Pemkab Bojonegoro untuk pengerjaan jalan aspal akhirnya jalan ini sekarang berubah, sehingga bisa di manfaatkan oleh masyarakat. Jalan ini juga merupakan jalan alternatif antara Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro. Sehingga pembangunan jalan ini bisa mengurangi kemacetan arus lalu lintas dari jalur Babat ke Bojonegoro.

Kades Dewi juga mengatakan untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan adanya jalan alternatif ini, Pemdes Tlogoagung merencanakan akan membangun pertokoan dan rest area di area pinggir jalan tersebut.

"Dalam perencanaan pembangunan di tahun 2023 kami akan membangun pertokoan dan rest area di lahan kosong sekitar jalan, yang tentunya ini bisa meningkatkan ekonomi warga dan nanti BUMDES sebagai pengelolanya,” jelas Dewi dikonfirmasi hari ini Jum'at (22/7/2022).

Pangat, salah satu warga mengungkapkan merasa senang karena sekarang jalan ini sudah bagus. Hasil panen dari sawah langsung bisa di angkut kendaraan dan tidak perlu biaya tinggi untuk upah.

"Dulu sebelum jalan ini di bangun saat musim panen petani sangat susah. Karena harus keluar upah dua kali untuk bawa pulang atau jual hasil panen tersebut. Sekarang jalan ini sudah bagus sehingga hasil panen dari sawah langsung bisa di angkut kendaraan dan harga panenan bisa mahal,” ujar Pangat.

Menurut Pangat akses yang mudah Ini bukti dan manfaat dari program pembangunan Pemkab Bojonegoro dan Pemdes Tlogoagung yang saling bersinergi. Jalan nglenyer bisa dinikmati oleh petani, anak-anak sekolah, pedagang dan seluruh elemen masyarakat. (yan/n)

 

 

#bojonegoro