Kamis, 25 Juli 2024

Pangkoarmada II Tinjau Pembangunan Kodamar TNI AL

Diunggah pada : 17 Januari 2024 20:20:00 35

Jatim Newsroom- Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Kiki Denih Hendrata, melaksanakan peninjauan pembangunan Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL, bertempat di Dermaga Melawai, Balikpapan. Rabu (17/1/2024).

Dalam hal ini, sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa TNI Angkatan Laut berencana meningkatkan status Pangkalan TNI AL (Lanal Balikpapan) di Kalimantan Timur menjadi Kodamar Tipe A yang akan dipimpin oleh Perwira Tinggi berpangkat Laksamana Muda.

Pangkoarmada II melalui sambutannya, menyampaikan bahwa pembangunan Kodamar TNI AL ini sejalan dengan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur.

Selain itu, Pangkoarmada II juga menyampaikan dari arahan Kasal bahwa peningkatan status itu juga karena secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan wilayah perairan terbuka sehingga perlu ada peran aktif TNI AL dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas. (hjr)

#pangkoarmada II