Minggu, 29 Januari 2023

Pandemi di Jawa-Bali Tunjukkan Tren Penurunan Signifikan

Diunggah pada : 10 Mei 2022 6:11:37 109
Sumber Foto: Tangkapan Layar Siaran Youtube Seketariat Presiden

Jatim Newsroom – Perkembangan pandemi Covid-19 terus menunjukkan tren penurunan yang signifikan di hampir seluruh provinsi Jawa dan Bali. Tren penurunan tersebut terjadi dalam semua aspek seperti kasus konfirmasi, rawat inap rumah sakit, hingga tingkat kematian.

Seperti dilansir infopublik.id, seluruh Provinsi di Jawa Bali mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

“Seiring dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan dalam Konferensi Pers, Senin (9/5/2022).

Menko Luhut mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada Kabupaten/Kota yang berstatus Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Indonesia. 

“Saya juga ini menyampaikan bahwa berdasarkan level asesmen yang dilakukan oleh Pemerintah hingga 7 Mei 2022, tidak ada Kabupaten/Kota yang berada di level 4, hanya Kabupaten Pamekasan yang masih berada di level 3 akibat level vaksinasi yang tidak memadai. Terkait detail keputusan ini akan dituangkan dalam Inmendagri yang akan keluar dalam waktu dekat ini,” ujar Luhut.

Membaiknya kondisi pandemi tentu tidak mematahkan semangat Pemerintah untuk terus melakukan akselerasi vaksinasi dosis kedua dan juga booster untuk seluruh wilayah Jawa Bali.

Selain itu, Pemerintah tetap mendorong penggunaan Peduli Lindungi dan masker di tempat-tempat publik. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi dampak buruk dari Covid-19 dan memberikan kekebalan bagi masyarakat. (idc/s)

#Vaksinasi #Covid-19 #Jawa-Bali #PPKM