Sabtu, 4 Mei 2024

Negara Mitra Dagang Utama Jatim Tumbuh dengan PMI di atas 50

Diunggah pada : 19 September 2023 9:38:43 102
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat, perekonomian negara mitra dagang utama Provinsi Jawa Timur yaitu Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang pada bulan Agustus 2023 terlihat mulai tumbuh dengan data manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) di atas 50.

Mengutip laman resmi BPS Jatim, Selasa (19/9/2023) juga tercatat Golongan HS 2 digit utama ekspor Jawa Timur pada bulan Agustus 2023 antara lain HS 15 (lemak dan minyak hewani/nabati), HS 44 (kayu dan barang dari kayu) dan HS 71 (perhiasan/permata). 

“Meningkatnya nilai ekspor kelompok barang tersebut dipengaruhi meningkatnya permintaan seiring turunnya harga internasional untuk kelompok HS 15 dan HS 44,” ujar Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Jatim, Umar Sjaifudin. 

Umar pun menjelaskan, Golongan HS 2 digit utama Impor Jawa Timur pada bulan Agustus 2023 antara lain HS 84 (mesin dan peralatan mekanis), HS 23 (ampas dan sisa industri makanan) dan HS 10 (serealia). 

Pada bulan Agustus 2023, produk rumput laut dari Jawa Timur sebanyak 15 ton diekspor ke perusahaan Startup bernama ULUU di Australia. Selain itu juga telah diekspor 50 ton rumput laut kering ke China.

Selain rumput laut, jahe merah juga menjadi salah satu andalan ekspor Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Exim bank bersama Kemenkeu Satu (DJKN, DJBC, DJP, PKN STAN, DJPK) untuk Program Desa Devisa Komoditas Jahe merah. (idc/s)

#ekspor #BPS Jatim #mitra dagang