Kamis, 2 Mei 2024

Mongkhon, Ikat Kepala yang Tak Boleh Ditinggalkan Atlet Muaythai

Diunggah pada : 14 September 2023 18:21:27 282
Seorang pelatih sedang memasangkan Mongkhon pada Atletnya saat baru memasuki Ring, dalam gelaran Porprov Jatim VIII/2023, Kamis (14/9/2023), di SMAN 2 Kota Mojokerto. Foto: Ghufron Shodiq

Jatim Newsroom - Sebelum berlaga, Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai akan memasangkan Mongkhon kepada Atlet yang akan berlaga. Seperti yang dilakukan oleh pelatih asal kontingen Kota Surabaya kepada atletnya sebelum melawan atlet asal Kabupaten Blitar, dalam gelaran Porprov Jatim VIII/2023, Kamis (14/9/2023), di SMAN 2 Kota Mojokerto.

Wahyu Tri Hartanto, Ketua Panitia Cabor Muaythai Jawa Timur, mengatakan, Mongkhon merupakan ikat kepala yang menjadi ciri khas dari Muaythai.

"Kalau di Cabor bela diri yang lain, ciri khasnya ada sabuk, kalau di Muaythai ada Mongkhon," ujarnya.

Wahyu mengatakan, sebagai olahraga yang berasal dari Thailand, penggunaan Mongkhon wajib dilakukan sesuai arahan dari asosiasi internasional Muaythai yakni International Federation of Muaythai Associations (IFMA), yang berada di Thailand.

"Untuk menghargai tradisi, Pembukaan harus memakai Mongkhon, kemudian dilanjut penghormatan kepada pelatih, dewan juri, hakim dan senior," pungkasnya.

Mongkhon terbuat dari benang katun yang dililit dan dianyam dengan cara khusus. Mongkhon akan dipasangkan dan dilepaskan oleh pelatih atau perwakilan dari camp. (ghf/s)

 

#Muay Thai Indonesia #muay Thai Jatim #Thailand