Senin, 20 Mei 2024

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Kembali Gelar "Festival Ramadan GenZI"

Diunggah pada : 11 Maret 2024 17:07:08 304

Jatim Newsroom - Pengurus Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menyambut Ramadan 1444 H dengan menggelar "Festival Ramadhan GenZI (Generasi Z Islami)" dengan serangkaian kegiatan bernuansa tradisi, lomba, dan berbagai kajian.

Rangkaian kegiatan dimulai 10 Maret 2024 berupa peluncuran Festival Ramadan GenZI oleh Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono di Selasar Utama MAS. Dalam sambutannya, Adhy Karyono mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada Badan Pengelola Masjid Nasional Al Akbar Surabaya yang telah menyelenggarakan Ramadan GenZi untuk anak muda. 

Menurutnya, generasi muda adalah generasi masa depan. Apalagi nanti menyongsong generasi emas tahun 2045. Generasi muda ini ibaratnya sebuah pisau yang tajam yang belum ada karatnya. 

Jika kita bisa memanfaatkan dengan baik, maka akan bermanfaat buat diri kita dan masyarakat. Tetapi sebaliknya jika tidak bisa memanfaatkan dengan baik, maka akan mencelakakan diri kita maupun orang lain.

Oleh karena itu perlu diasah, perlu dibina. Sehingga nanti potensi-potensi yang luar biasa ini akan mengarah pada kebaikan. GenZI dijadikan tema utama agar kaum milenial untuk beragam kegiatan tidak asing dengan masjid dan aktivitas keagamaan.

Festival selama bulan Ramadan di MAS kali ini memang dengan sasaran utama Generasi Z, generasi yang lahir pada tahun 1997-2012 (8-23 tahun). Tema yang diusung untuk GenZI dengan harapan Masjid Al Akbar akan dipenuhi jamaah dari berbagai Generasi dengan motor utamanya adalah GenZI.

Gen-Z dalam lima tahun terakhir cukup mendominasi aktivitas jamaah di MAS dan jika hati para milenial tersebut selalu dekat dengan masjid, maka Jawa Timur dan Indonesia akan Indah pada saatnya.

Generasi Z pada saatnya akan menjadi pemimpin di era yang serba digital. Pemimpin masa depan wajib memiliki kesalehan digital, yang dekat dengan masjid. Selain itu, acara tersebut akan dimeriahkan penampilan Grup Sholawat Syubbanul Muslimin oleh Guz Hafidz.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa yang hadir sebagai pembicara mengajak generasi Z (GenZi) Jawa Timur untuk mengembangkan rasa cinta terhadap masjid dan membentuk pola pikir yang berpusat pada kegiatan keagamaan.

Hal ini dilakukan Khofifah Indar Parawansa dengan mengarahkan hati dan pikiran mereka pada kehadiran Allah SWT saat berada di dalam dan di sekitar masjid.

"Anak-anakku Gen Z, cintailah masjid. Tempatkan hati kita minal masjid ilal masjid. Gerakkan langkah kita minal masjid ilal masjid. Dan bangun pola pikir kita minal masjid ilal masjid, bergerak dari masjid ke masjid. Artinya dari tempat yang suci ke tempat yang suci dan dekat dengan sang pencipta," kata Khofifah Indar Parawansa.

Pesan Ini disampaikan oleh Khofifah saat menghadiri acara Gebyar Shalawat dan Launching Ramadhan GenZi 1445 H di Masjid Agung Al Akbar Surabaya. Dia menegaskan pentingnya menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum untuk membersihkan hati, pikiran, dan tindakan dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Dengan begitu hati dan pikiran kita akan senantiasa bergerak dari tempat yang suci ke tempat yang suci lainnya," kata Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah juga mengajak GenZi untuk meneladani sikap Nabi Muhammad SAW, yang selalu bertanggung jawab atas segala tindakan dan langkahnya, memastikan bahwa segala yang dilakukannya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Salah satu kisah yang diungkapkan oleh Khofifah Indar Parawansa adalah tentang Abu Ayyub Al Anshari, sahabat Nabi Muhammad SAW, yang rumahnya menjadi tempat tinggal Nabi selama beberapa bulan saat awal hijrah ke Madinah.

"Saya baru saja pulang dari Turki, dan di Istanbul saya berziarah ke makam Abu Ayyub Al Anshari. Beliau adalah sahabat Anshar yang rumahnya ditinggali oleh Nabi Muhammad SAW selama beberapa bulan saat awal hijrah ke Madinah," katanya.

Dalam kisah tersebut, terungkap bagaimana Rasulullah peduli terhadap aspek kecil sekalipun dari tindakannya, seperti memastikan bahwa makanan yang dikonsumsinya halal dan berkah.

Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa Rasulullah selalu mengingatkan para sahabatnya bahwa segala sesuatu yang mereka makan dan minum akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT. (jal/hjr)

 

 

 

#Ramadan 1445 H #Ramadan 2024 #Pj Gubenur jatim