Rabu, 8 Mei 2024

Pj Gubernur Jatim Ajak OPD Salat Qiyamul Lail dan Lomba Memasak

Diunggah pada : 9 April 2024 7:09:16 57
Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mencoba masakan Kepala Dinas Kominfo Jatim dan Kepala Dinsos Jatim saat penjurian lomba memasak berbahan dasar bandeng Gresik, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (9/4/2024) dini hari. Foto : Henry JNR

Jatim Newsroom - Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengajak Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov  dan BUMD, Salat Qiyamul Lail berjamaah dan lomba memasak berbahan dasar bandeng Gresik, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (9/4/2024) dini hari.

Ustadz Achmad Muzakki Al Hafids mendapat amanah menjadi imam salat Qiyamul Lail berjamaah, yang dimulai Pukul 01.00 WIB. "Intinya bukan lomba memasak, tetapi salat Qiyamul Lail berjamaahnya," ucap Pj Gubernur.

Setelah Qiyamul Lail selesai, Pj Gubernur mengajak para kepala OPD menuju Gazebo di belakang Grahadi untuk menerima tantangan dalam Lomba Masak Berbahan Dasar Bandeng Gresik.

Dalam lomba itu,  seperti kontes masak profesional, para kepala OPD pun dibagi menjadi beberapa tim, dan ditantang untuk menyajikan menu terbaik untuk disantap sebagai menu sahur. Kepala OPD itu  otomatis alih profesi menjadi koki andal. Para kepala OPD yang laki-laki tak mau kalah dengan yang perempuan dalam mengolah bumbu masakan.

Bandeng Gresik mulai diolah menjadi berbagai menu yang bervariasi. Ada yang berkreasi membuat bandeng bakar, asem-asem bandeng, Bandeng goreng tepung, hingga bandeng goreng bumbu pedas. 

Selama lomba berjalan, Pj Gubernur berkeliling meninjau di tiap-tiap meja kepala OPD. Kegiatan ini dilakukan untuk berbagi keceriaan di bulan suci Ramadan yang sudah mencapai ujungnya. Selain itu juga dilakukan untuk mempererat keguyuban dengan para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

“Para kepala OPD memasak Ikan Bandeng yang dibeli di Festival Bandeng Gresik. Lomba ini memang sengaja kita gelar untuk dinikmati bersama-sama sebagai menu utama sahur. Tujuannya supaya kita semakin guyub, akrab dan kompak,” ungkapnya.

Untuk menentukan pemenang lomba tahun ini, Pj Gubernur Adhy Karyono, turut menjadi juri bersama Pj Sekdaprov, Bobby Soemiarsono, dan Ustadz Achmad Muzakki Al Hafids. 

Ada tiga kategori penilaian, yakni rasa, penyajian/kreativitas, dan proses memasak. Dari hasil penilaian dewan juri, terpilih beberapa pemenang yaitu : 

Juara Terkreatif Kepala Dinas Kominfo Jatim dan Kepala Dinsos Jatim dengan nilai 266

Juara Terfavorit  Kepala Bakorwil Pamekasan dan Jember nilai 269

Juara Harapan III Direktur RSUD Dr Soetomo dan Direktur RS Haji, nilai 270

Juara Harapan II Kepala Biro Kesra nilai 271

Juara Harapan  I Kasatpol PP dan Bakesbangpol nilai 272

Juara III  RS Menur dan DPMPTSP Jatim nilai 274

Juara II Dinas DP3AK dan Dinas DPMD Jatim nilai 278

Juara I Kepala Biro Ekonomi dan Kepala Dinas ESDM Jatim nilai 279. (hjr)

#Ramadan 1445 H #lebaran 2024