Sabtu, 27 April 2024

Magetan Bergerak, Cegah dan Libas Stunting dengan Program Anting Emas

Diunggah pada : 9 November 2023 9:41:37 105

Jatim Newsroom- Dilansir dari halaman resmi Diskominfo Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan laksanakan Sosialisasi Program Asuh Balita Stunting untuk Wujudkan Generasi Magetan Berkualitas (Anting Emas) pada Rabu (8/11/2023) di Pendopo Surya Graha. Program ini merupakan upaya terpadu untuk mengatasi permasalahan stunting di Kabupaten Magetan.

Program Anting Emas merupakan gerakan gotong royong seluruh elemen bangsa dan pemangku kepentingan secara terstruktur dan terukur dalam mempercepat penurunan stunting yang menyasar langsung pada balita stunting. “Melalui program ini, kami berharap semua pihak baik pemerintah, swasta maupun CSR di wilayah Kabupaten Magetan, bersama-sama melalui semangat Mak Cling (Magetan Bergerak Cegah dan Libas Stunting), untuk turun langsung berantas tuntas permasalahan stunting,” ujar Penjabat Bupati Ir. Hergunadi.

“Kami berharap, nanti bisa membina paling tidak 1/3 desa, jadi 1/3 desa nanti kita kumpulkan orang tua asuh yang ikut Anting Emas, dibagi di masing – masing kecamatan, mewakili, setelah itu dari masing – masing kecamatan, sekaligus penggerak disitu” lanjut Pejabat Bupati Hergunadi.

Bentuk bantuan yang diberikan dalam program Anting Emas adalah berupa paket bahan makanan senilai Rp. 15.000,00/orang/hari x 90 hari makan = Rp 1.350.000,00. Bahan makanan yang dimaksud adalah produk makanan sumber protein hewani seperti telur, susu, daging, ikan, abon, dan lain-lain.

Program Anting Emas merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Magetan dalam mewujudkan generasi Magetan yang berkualitas. Dengan adanya program ini, diharapkan prevalensi stunting di Kabupaten Magetan dapat menurun hingga di bawah 14% pada tahun 2024. Dengan pelaksanaan selama bulan November 2023 – Februari 2024.(yud/hjr)

#Magetan