Sabtu, 20 April 2024

Rehab Pasar Sayur, Pemkab Magetan Berharap Kepada Kementerian

Diunggah pada : 5 Maret 2023 20:03:10 193
Foto: dok.rasifm.co.id

Jatim Newsroom - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan mengaku membutuhkan anggaran Rp240 miliar untuk melakukan rehabilitasi pasar sayur Kabupaten Magetan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan, Sucipto, mengatakan, untuk melakukan rehab pasar sayur saat ini pemerintah Kabupaten Magetan mengupayakan anggaran dari Kementerian PUPR mengingat tinggi biaya rehabilitasi. Pemerintah juga berharap adanya investor yang bisa menyentuh pembangunan pasar lainnya di Kabupaten Magetan.

“Untuk membangun Pasar Sayur Magetan itu dibutuhkan anggaran kurang lebih 240 miliar, maka kita pastikan berat untuk APBD. Kami sudah berkali kali koordinasi agar kami dibantu dari anggaran APBN,” ujar Sucipto, melansir rasifm.co.id.

Dijelaskan Sucipto, Pasar Sayur Kabupaten Magetan memiliki jumlah kios sebanyak 2.400 lapak pedagang. Minimnya anggaran pemerintah daerah membuat pemerintah daerah hanya akan melakukan rebab skala kecil terkait sarana dan prasarana untuk pasar pasar yang ada di Kabupaten Magetan. Dari hasil pertemuan pemerintah daerah dengan paguyuban pedagang pasar di Magetan mayoritas mengusulkan adanya perbaikan sarana dan prasarana di 16 pasar se Kabupaten Magetan.

“Jumlah pedagang di pasar sayur magetan ada sekitar 2.400, karena anggarannya terbatas kami nanti akan prioritaskan pasar mana yang akan didahulukan. Tentunya yang besar besar dulu sementara yang kecil rehab rehab biar tidak bocor biar tidak becek yang penting bersih,” imbuhnya.

Sebelumnya Pasar Sayur Kabupaten Magetan pernah mengalami kebakaran hebat pada Hari Kamis 14 Juli 2016 malam yang menghanguskan ribuan kios. Besarnya anggaran untuk melakukan rehabilitasi Pasar Sayur membuat kondisi pasar sayur Magetan belum bisa terttangani dengan baik oleh pemerintah daerah. (red)

#Magetan