Kamis, 2 Mei 2024

Lamongan Jadi Tuan Rumah Final Kompetisi Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris

Diunggah pada : 13 November 2023 9:02:52 397
Lamongan menjadi tuan rumah awarding babak final tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 Kompetisi Matematika, Sains & Inggris (KMSI). Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Kabupaten Lamongan menjadi salah satu tuan rumah awarding babak final tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 Kompetisi Matematika, Sains & Inggris (KMSI). 

Bertempat di MI Ma’Arif NU Sunan Drajat, babak final yang diikuti sebanyak 2.582 finalis, menurut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menjadi momen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. 

“Mudah-mudahan ini membawa sutu momen yang baik untuk bisa membawa kita terus meningkatkan mutu pendidikan khususnya matematika, sains dan bahasa Inggris,” tutur Pak Yes panggilan akrab Bupati Lamongan. 

Mengutip rilis humas Pemerintah Kabupaten Lamongan (13/11/2023), Pak Yes menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Insan Mutia selaku pelaksana yang telah mempercayakan Kabupaten Lamongan menjadi salah satu tuan rumah KMSI tingkat Provinsi. Hal ini menjadi salah satu bagian untuk mengantarkan siswa-siswi SD dan SMP se-derajat untuk berlaga ke tahap Nasional di Malang Desember mendatang.  

“Alhamdulilah hari ini telah melaksanakan KMSI kompetisi matematika, sains, dan Inggris yang dilaksnakan di MI Sunan Drajat. Terima kasih Intan Mulia yang memepercayakan, menjadikan sunan drajat Kabupaten Lamongan bisa menjadi tuan rumah ajang KMSI Jawa Timur ini,” ungkap Pak Yes.

Pak Yes berharap, siswa-siswi dapat menjadikan kompetisi tersebut sebagai ajang untuk terus berlatih dan mendalami keilmuan khusunya mata pelajaran matematika, sains dan bahasa Inggris.

“Salam sukses kepada yang belum mendapatkan piala dan juara, harap terus bersabar dan berusaha karena ajang ini untuk terus berlatih kita semua anak-anak lebih terampil lagi dalam mata pelajaran khusunya matematika, sains dan bahasa Inggris,” kata Pak Yes.

Diungkapkan Ketua Yayasan Intan Mutia, Ali Yasin, kompetisi matematika, sains dan bahasa Inggris Jawa Timur tahun 2023 diikuti sekitar 22.800 peserta yang tersebar di 26 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Kemudian dilakukan penjaringan terpilih sebanyak 2.582 peserta untuk memasuki babak final di Lamongan. Selanjutnya diperoleh sebanyak 360 peserta yang akan dikirim ke Malang pada 17 Desember 2023 mendatang untuk berkompetisi di tingkat nasional. 

Para finalis tersebut mewakili masing-masing tingkatan yakni level 1 (kelas 1-2 SD), level 2 (kelas 3-4 SD), level 3 (kelas 5-6 SD), dan level 4 (SMP/MTS), di setiap mata pelajaran (Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris) dari 10 terbaik peraih medali emas, perak, dan perunggu. 

“Kegiatan KMSI 2023 diikuti 26 kabupaten dan kota madya yang ada di Jawa Timur. Secara keseluruhan tahun ini total ada 73 kota di 14 provinsi. Di babak penyisihan total semua peserta 22.800 sekian, yang lolos ke babak final Provinsi Jawa Timur insyaallah peserta finalis ada 2.582,” ungkapnya. (idc/s)

#lamongan #Kompetisi Matematika, Sains & Inggris