Kamis, 9 Mei 2024

Lamongan Fokuskan 11 Program Prioritas Pembangunan

Diunggah pada : 27 Februari 2024 17:08:32 40
Masyarakat Lamongan dalam kegiatan Bakti Sosial. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Lamongan

Jatim Newsroom – Bupati Lamongan menjelaskan fokus pembangunan dalam sisa jabatannya, yaitu pada seluruh pembangunan dalam 11 program prioritas, yang di dalamnya mengupayakan pembangunan ekonomi, pemerataan pembangunan infrastruktur, dan menciptakan harmonisasi sosial pada masyarakat.

"Fokus kami setelah ini yakni meneruskan pembangunan baik fisik atau Jamula maupun non fisik yang telah kami rangkum pada 11 program prioritas. Alhamdulillah semuanya melampaui target dan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Salah satunya ialah pertumbuhan ekonomi yang optimistis naik dari tahun 2022 yakni 5,56," jelasnya.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan (27/2/2024), untuk pembangunan non fisik juga akan terus direalisasikan melalui pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Salah satu contoh dari pembangunan SDM ialah menghadirkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Selain memaparkan fokus pembangunan ke depan, pada kesempatan yang sama Pak Yes menyampaikan prestasi Kabupaten Lamongan. Salah satunya ialah sebagai daerah dengan penuntasan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terbanyak sehingga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri RI. 

Selain dari segi kuantitas, PTSL Kabupaten Lamongan juga diapresiasi dari segi kualitas. Karena membebaskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) atau pungutan atas perolehan hak atas tanah dan atau bangunan. 

"Komitmen Pemkab Lamongan untuk menyejahterakan masyarakat juga selalu diapresiasi oleh Pemerintah Pusat. Memang keputusan pembebasan BPHTB untuk masyarakat ada kerugian bagi Pemkab Lamongan, namun hal tersebut tak mengapa karena dampak positif terjadi pada masyarakat. Karena dengan itu bisa membantu perputaran ekonomi untuk masyarakat," ungkap Pak Yes. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #bakti sosial #pembangunan prioritas