Jumat, 3 Mei 2024

Lamongan Adakan Forum Silaturahmi Kamtibmas dan Deklarasi Pemilu Damai

Diunggah pada : 8 November 2023 15:58:31 27
Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama jajaran Forkopimda menggelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FKS) dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, di Mabes Polres Lamongan, Rabu (8/11/2023). Sumber Foto: Diskominfo Lamongan.

Jatim Newsroom – Menjelang pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar Forum Silaturahmi Kamtibmas (FKS) dan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, di Mabes Polres Lamongan, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan yang dihadiri seluruh organisasi keagamaan, KPU, Bawaslu, partai politik, TNI, dan POLRI ini diharapkan menjadi wujud nyata bersama menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Lamongan.

Diutarakan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, menghadapi pesta demokrasi yang sudah di depan mata, seluruh elemen masyarakat menjadi penentu suksesnya perjalanan bangsa dalam pemilihan legislatif, peesiden dan wakil presiden. Untuk itu, diperlukan komitmen bersama menjaga kamtibmas agar tidak berimplikasi perpecahan pada aktivitas politik. 

“Sebagai penanggungjawab masyarakat Lamongan, berikan literasi demokrasi dengan menjaga stabilitas dan kondusivitas wilayah yang sudah terbangun rasa nyaman dan amannya ini,” tutur Bupati Yes melalui rilis humas Pemerintah Kabupaten Lamongan. 

Banyaknya jumlah desa yakni 462 desa dan 12 kelurahan yang tersebar di 4.153 TPS, kata Bupati Yes, menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanan pemilu di Kabupaten Lamongan. Sehingga diperlukan pengawalan ancaman yang berbasis konvensional dan teknologi digital secara optimal. 

“Pemerintah Kabupaten Lamongan dan Forkopimda memberikan dikungan dan kerja sama dengan seluruh stekholder seperti KPU, Bawaslu, dan lainnya guna memastikan pemilu serentak berjalan aman damai lancar,” kata Bupati Yes. 

Kapolres Lamongan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengungkapkan, untuk menjamin sebelum, saat, dan pasca pemilu seluruh jajaran POLRI menggunakan Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024. 

“Marakanya berita hoaks, khususnya stakeholder untuk menjadi counter agar tidak terjadi dampak pemberitaan bohong. Ketua-ketua keagaaman menyuarakan pesan kamtibmas dan kedamaian di masyarakat meskipun mempunyai pemilihan yang berbeda. Anggota kepolisian jamin dan kawal pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik, jaga netralitas demi mewujudkan pemilu aman dan damai,” ungkap AKBP Yakhob.

Sementara itu, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan mengungkapkan kesiapannya bersinergi dengan jajaran kepolisian dan pemangku kebijakan untuk mengawal dan menjamin ketertiban pelaksanaan pemilu yang aman tertib dan terintegrasi.

Dikatakan, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lamongan, Masnur Arief, politik merupakan kebijakan maksimal secara individu maupun kolektif yang bisa membawa masyarakat lebih maslahah, cerdas, menggembirakan, cerah, sejahtera, dan inspiratif.

“Perbedaan tafsir dan berpolitik yang berlebihan akan menimbulkan musibah dan bencana. Jangan mempolitisasi ayat Al-Quran, agama untuk kepentingan yang bersifat kelompok. Mari kita berpolitik dengan berakhlakul karimah yang sekurang-kurangnya diimplementasikan dalam 5 hal yakni jujur, tepat janji, tolong menolong, berkeadilan, dan konsisten,” katanya. 

Pada kesempatan yang sama sebagai bentuk komintmen bersama menjaga pemilu damai 2024 di Kabupaten Lamongan, dilaksanakan penandatanganan deklarasi pemilu damai oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi beserta jajaran Forkopimda dengan ketua parpol di Kabupaten Lamongan. (idc/s)

#lamongan #pemilu #kamtibmas