Kamis, 19 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Laga Semifinal Sepak Bola Putra Jatim Vs Aceh Akan Dipimpin Wasit Terbaik Liga 1 dan 2

Diunggah pada : 16 September 2024 9:05:41 5083
Laga Aceh menghadapi Sulawesi Tengah (Sulteng) Sabtu (14/9/2024). Foto: istimewa

Jatim Newsroom - Pertandingan sepak bola partai semi final PON XXI Aceh-Sumut 2024, antara Jatim VS Aceh akan berlangsung Senin (16/9/2024) malam ini di Stadion Harapan Bangsa. Diagendakan wasit terbaik Liga 1 dan Liga 2 akan memimpin laga kedua tim ini.

Hal itu disampaikan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Arya Sinulingga.

Langkah tegas ini dilakukan PSSI merespon kepemimpinan kontroversial wasit yang memimpin laga Aceh menghadapi Sulawesi Tengah (Sulteng) Sabtu (14/9/2024) lalu. Saat itu, wasit dituding berat sebelah setelah memberikan tiga kartu merah untuk tim Sulteng dan dua kali hadiah penalti bagi Aceh.

Dugaan itu diperkuat lewat potongan video pertandingan yang beredar luas di media sosial, dimana wasit kerap membuat keputusan yang menguntungkan tuan rumah.

Geram akibat dirugikan wasit di laga tersebut, salah satu pemain Sulteng bahkan tersulut emosi sehingga memberikan tonjokan pada wasit hingga harus dilarikan ke rumah sakit.  

Selanjutnya, Sulteng enggan melanjutkan pertandingan waktu tersisa, harus kalah WO. Aceh pun dinyatakan menang.

"Pak Erick (Ketum PSSI) sudah meminta supaya pertandingan semifinal dan final di PON bisa berlangsung fair. Tidak lagi seperti kemarin. Yaitu dengan mengganti semua wasit yang ditugaskan kemarin (Aceh vs Sulteng)" kata Arya Sinulingga.

Sebagai gantinya, Arya mengutus wasit terbaik Liga 1 dan 2 untuk langsung memimpin pertandingan, baik laga babak semifinal maupun final.

"Ini untuk menjaga marwah sepak bola Indonesia. Kami harapkan tidak ada lagi hal-hal seperti ini, ayo kerja keras. Mulai dari atas sampai bawah? Ini lah proses yang harus kita jalani," jelasnya.

Tidak hanya mengganti semua perangkat pertandingan. Arya menyebut pihaknya melalui pihak terkait akan melakukan pengusutan secara tuntas hingga ke akar-akarnya terkait wasit kontroversial itu.

"Tidak hanya (perangkat) pertandingannya, sampai siapa yang ada di belakang pertandingan itu. Supaya bisa diketahui kejadian sebenarnya.Dan melakukan penghukuman juga konsekwensi dari tindakan tersebut," jelas Arya.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024