Jumat, 3 Mei 2024

KORMI Berkontribusi Sukseskan Indonesia Bugar 2045

Diunggah pada : 6 Desember 2023 22:14:32 69
FGD Pengembangan Program KORMI Menuju Indonesia Bugar 2045 yang digelar di Sidoarjo, Rabu (6/12/2023). Sumber Foto: KORMI Jatim

Jatim Newsroom - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) memiliki kontribusi untuk mendukung dan menyukseskan program Indonesia Bugar 2045. Sebab KORMI selama ini terus mendorong agar masyarakat mau bergerak atau berolahraga.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman, saat hadir pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Program KORMI Menuju Indonesia Bugar 2045 yang digelar di Sidoarjo, Rabu (6/12/2023). Kegiatan ini dihadiri pengurus maupun perwakilan dari KORMI Kabupaten/Kota di Jatim.

Menurut Hayono Isman, dengan terbitnya UU 11/2022 tentang Keolahragaan, yaitu di nomenklatur olahraga rekreasi diubah menjadi olahraga masyarakat, bobot olahraga masyarakat menjadi lebih kuat daripada UU sebelumnya. Selain itu juga menjadi landasan hukum bagi para pengurus KORMI untuk terus mengembangkan dan mengajak masyarakat berolahraga.

“UU 11/2022 sudah sah tahun lalu dan itu berkat dukungan Komisi X DPR RI,” katanya melalui rilis Bidang Media dan Promosi KORMI Jatim. 

Namun Ia juga mengaku khawatir jika Indonesia Bugar 2045 tidak bisa terwujud jika tidak ada gerakan secara masif untuk mengajak masyarakat mau berolahraga. Itulah mengapa Ia meminta para pengurus KORMI untuk terus melaksanakan program.

“Jadi KORMI harus terus mengembangkan program untuk mengajak masyarakat mau berolahraga,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 1993–1998 itu.

Hayono juga memberikan apresiasi dengan adanya 26 kampung olahraga di Sidoarjo, seperti Desa Ganting Kecamatan Gedangan, Kelurahan Magersari, Desa Bligo Kecamatan Candi, Desa Tarik Kecamatan Tarik dan lain-lainnya.

Dewan Pakar KORMI Nasional, Iskandar Zulkanain yang juga hadir pada kegiatan itu mengatakan, kalau saat ini era digital sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Banyak anak muda yang lebih senang bermain game lewat hanphone dari pada untuk berolahraga.

“Saat ini mengajak 10 orang untuk berolahraga sangat sulit dan era digital ini membuat orang enggan untuk bergerak atau berolahraga,” katanya.

Sementara itu Ketua KORMI Jatim, Hudiyono mengatakan akan terus mengembangkan program KORMI di Jatim. Ia juga melihat antusias masyarakat di Jatim untuk berolahraga cukup tinggi.

Selain itu Pemprov Jatim juga mendukung penuh program sport tourism. “Di Jatim ada 660 event besar. Di antara kegiatan itu ada sport tourism,” kata Hudiyono yang juga pernah menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim. (idc/s)

#KORMI Jatim #olahraga #Indonesia Bugar 2045