Rabu, 8 Mei 2024

Kominfo Pusat dan Kominfo Jatim Gelar Audiensi dengan KIM

Diunggah pada : 7 Juni 2022 12:59:21 215
Audiensi dengan Pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Perwakilan Wilayah Jatim, di Hotel Wyndham Surabaya, Selasa (7/6/2022)

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), Hudiyono, bersama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hasyim Gautama, menggelar audiensi dengan pegiat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) perwakilan wilayah Jatim.

Kegiatan berlangsung di Hotel Wyndham Surabaya, Selasa (7/6/2022). Hadir sekitar 10 orang dari KIM wilayah Malang dan Surabaya, antara lain KIM Klampis Ngasem, KIM Bendul Merisi, KIM Airlangga, KIM Sukolilo Baru, KIM Genting Kalianak, KIM Purwoagung, KIM Getabah, KIM Tologomas, KIM Mbois Ilakes, dan KIM Nukus. 

“Bagian terpenting dari audiensi ini adalah untuk menyambungkan konten yang diisi oleh teman-teman KIM di lapangan dengan sistem yang disiapkan oleh Pemerintah,” ujar Hudiyono mengawali sambutannya. 

Hudiyono menerangkan, pihaknya terus mengupayakan program Satu Data. “Artinya bagaimana membuat satu sistem agar kita bisa single sign on sehingga informasi bisa lebih cepat sampai ke masyarakat,” imbuhnya. 

Kadis Kominfo Jatim juga meyakini bahwa kolaborasi pemerintah dengan KIM bersifat strategis sehingga perlu dioptimalkan dengan adanya regulasi yang kuat. 

“Kelemahan-kelemahan nanti kita sempurnakan. Ini juga harus dikuatkan dengan regulasi karena sangat strategis. Kita harus berkolaborasi, tidak bisa sendiri-sendiri. Kita harus meningkatkan kinerja KIM agar lebih optimal, efisien, dan efektif sehingga bisa menjalankan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Hudiyono. 

Tak lupa, Kadis Hudiyono menyampaikan apresiasi atas kinerja KIM di Jatim. “Ikhtiar dan gerakan kita ini ditunggu-tunggu untuk bisa memberikan percepatan informasi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih kawan-kawan KIM masih menyempatkan diri untuk hadir berdiskusi,” tegas Hudiyono.  

Di kesempatan yang sama, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Hasyim Gautama, mengatakan bahwa audiensi ini merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan KIM untuk menyinkronkan kebijakan dan fakta di lapangan. 

“Kemitraan sosial antara Diskominfo dengan KIM ini memang unik. Kita perlu memberikan kesempatan dan mendengarkan seluruh curahan hati pegiat KIM untuk menjelaskan pengalaman serta kesulitan terkait pola hubungan antara Diskominfo dan KIM,” kata Hasyim Gautama. (idc/s)

#Diskominfo Jatim #Kelompok Informasi Masyarakat