Sabtu, 4 Mei 2024

Ketua PMI Jatim Pimpin Upacara Peringatan Hari Relawan 2023

Diunggah pada : 13 Desember 2023 8:24:30 107
Ketua PMI Jatim, H Imam Utomo (tengah) berfoto bersama penerima Penghargaan dan Bantuan Sembako.

Jatim Newsroom - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur, H. Imam Utomo memimpin Upacara Peringatan Hari Relawan 2023 yang dipusatkan di Pusdiklat PMI Jatim di Gresik.

Dari rilis PMI Jatim Selasa (12/12/2023), Upacara Peringatan Hari Relawan 2023 tingkat Jawa Timur ini diikuti ratusan Relawan dan dihadiri Pengurus - Dewan Kehormatan PMI Jawa Timur, Pengurus PMI Kota Surabaya, Gresik, Bangkalan dan Sidoarjo.

Ketua PMI Jatim, Imam Utomo mengatakan Relawan PMI ke depan harus lebih profesional dengan melengkapi dirinya dengan berbagai ketrampilan melalui pelatihan - pelatihan sebelum terjun di lokasi bencana. PMI Jawa Timur telah merevitalisasi PMR yang diawali dengan melakukan MoU dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur, tindak lanjut dari MoU tersebut akan dibentuk PMR di sekolah - sekolah. Minimal ada 50 Relawan tiap Kabupaten- Kota dan mereka harus melalui proses pelatihan. Setelah lulus mengikuti pelatihan baru diberikan sertifikat.

Sesuai undang undang Kepalangmerahan No.1/2018, setiap terjadi bencana, enam jam setelahnya Relawan sudah berada di lokasi bencana. Tenda harus berdiri, Tim Dapur Umum harus sudah siap, juga evakuasi, semua ada pelatihannya."Kita tidak ingin mengirimkan relawan tapi sampai lokasi malah tidak bisa apa apa," tegas Imam Utomo, mantan Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Jawa Timur dua periode ini.

Dipaparkan bencana itu bisa terjadi di mana mana, bencana itu bukan hanya gunung meletus saja, di musim kemarau ada bencana kekeringan yang bers air bersih. Sedangkan di musim penghujan juga terjadi banjir. PMI harus selalu siap siaga.

Peringatan hari relawan PMI ditandai dengan Penyerahan Penghargaan kepada lima Relawan yang telah membaktikan dirinya untuk kegiatan kemanusiaan diantaranya M. Putra Setya Pamungkas dan Finna Khoirunnisa dari Surabaya, Santoso dari PMI dari Kabupaten Malang, Holik Arisandi dari PMI Kabupaten Probolinggo dan Tri Putra Dana Rahayanto dari PMI Kab Banyuwangi.

Dalam kesempatan yang sama Imam Utomo juga menyerahkan bantuan sembako kepada Panti Asuhan Roudlotul Yasmin, Panti Asuhan Nurul Janna dan Panti Asuhan Al Misykah. Setelah upacara dilannjutkan dengan potong tumpeng. (pno/hjr)

#PMI Jatim #Hari Relawan 2023