Kamis, 2 Mei 2024

Ketua PKK Jatim Apresiasi Semangat Warga Majukan Desa

Diunggah pada : 16 Juni 2023 15:40:49 83
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, saat mendampingi Tim Penilai Perlombaan Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Prov. Jatim Tahun 2023 di Kelurahan Kebonsari Kulon Kec. Kanigaran Kota Probolinggo, Kamis (15/6). Foto: dok. Humas Jatim

Jatim Newsroom - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, mendampingi Tim Penilai Perlombaan Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Prov. Jatim Tahun 2023 di Kelurahan Kebonsari Kulon Kec. Kanigaran Kota Probolinggo, Kamis (15/6).

Pada kesempatan ini, Arumi menyampaikan apresiasinya atas semangat dan kemauan dari seluruh warga Kelurahan Kebonsari Kulon untuk memajukan wilayahnya. Terlebih, karya-karya dari PKK setempat sangat baik, pelayanan posyandu, dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya juga memadahi.

“Saya yakin tim penilai nanti akan kebingungan. Karena setelah saya lihat disini semuanya sudah bagus,” ungkapnya.

Arumi menambahkan, faktor-faktor yang telah disebutkannya menjadikan Kelurahan Kebonsari Kulon lolos dalam seleksi pada dua babak yakni seleksi administrasi dan paparan. “Saya lihat memang pantas kalau Kebonsari Kulon sampai pada tahap ini. Desa Kebonsari Kulon ini mengawali penilaian. Ada 3 Kab/Kota dan didalamnya ada 3 Desa se-Jatim yang akan mengikuti babak penilaian kunjung lapang ini,” ujarnya

Di akhir, Arumi pun berharap bahwa Desa Kebonsari Kulon bisa menjadi lokasi studi banding dari wilayah lain. Sebab, menurut Arumi kekompakan dan komitmen memajukan wilayahnya patut diacungi jempol.

“Setelah saya keliling melihat fasilitas yang ada seperti Layanan untuk disabilitas, perpustakaan, posyandu balita-remaja hingga lansia pun sudah berjalan dengan baik. Bahkan juga program bank sampah disini berjalan dengan baik pula. Harapannya ini bisa dijadikan lokasi studi banding dari desa lainnya,” ucapnya

“Untuk menang kalah ini kan hanya perihal angka, tapi aksi nyata dalam mewujudkan pertumbuhan dan kemajuan desa ini lebih dari sekedar angka,” tutupnya

Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati, menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi masyarakat Kebonsari Kulon dari seluruh capaian prestasi. Menurutnya, ini menjadi bukti kekompakan pemerintah daerah dan masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan dan pelayanan masyarakat.

“Pada dasarnya kegiatan ini adalah upaya untuk memotivasi daerah agar meningkatkan kemampuan wilayah kelurahan yang diukur berdasarkan indikator penilaian. Semoga kegiatan kni menjadi pendorong menumbuhkan semangat dan motivasi bagi kita semua,” tukasnya.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov Jatim, Budi Sarwoto, menyampaikan bahwa kegiatan penilaian kunjung lapang ini adalah sebuah ajang untuk melihat dan mengetahui perkembangan pelaksanaan 10 program PKK di Kabupaten/Kota hingga Kecamatan dan Kelurahan.

"Penilaian ini juga untuk mengetahui peran dan fungsi kader PKK dalam pengenbangan dasawisma dan melaksanakan pembangunan sesuai Program PKK. Kami dan tim penilai izin melakukan penilaian dan mohon doanya agar diberi kelancaran,” ucapnya.(red)

 

#Arumi Bachsin #Ketua TP PKK Jatim